21 Tools untuk Meningkatkan Skill Menulis (Copywriting) Anda

Meningkatkan skill menulis
30 November 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Meningkatkan skill menulis itu penting. Terutama untuk orang-orang yang bekerja dan behubungan dengan menulis atau yang baru memulai blogging.

Tapi, kata-kata itu terkadang rumit karena bukan hal yang mudah untuk merangkainya menjadi satu kalimat yang masuk akal, terdengar bagus, dan membuat pembaca merasakan sesuatu.

Sebagai marketer, meningkatkan skill menulis juga perlu diperhatikan dan dikembangkan (karena sebagai marketer, Anda sebaiknya juga harus bisa menulis).

Mengapa penting?

Bisa dibayangkan Anda yang bekerja sebagai seorang marketer tapi tidak mampu menyampaikan pesan kepada calon prospek atau customer Anda dengan baik?

Ini akan mempengaruhi bisnis Anda ke depan terutama pada kegiatan promosi.

Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menemukan gaya menulis yang cocok untuk Anda, mengembangkan vocabulary, meminta feedback serta mendengarkan, dan mempraktikkannya.

Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk meningkatkan skill menulis dengan menggunakan berbagai tools bermanfaat berikut.

Mari segera kita mulai bahas!

Meningkatkan Skill Menulis dengan 21 Tools ini!

Berikut ini ada berbagai tools yang akan membantu Anda dalam meningkatkan skill menulis dan Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari ke sana kemari dengan searching di internet, cukup pilih dan praktikkan!

  1. Daily Page

1

“Salah satu penghalang bagi penulis adalah comforting lie yang kita sampaikan pada diri kita sendiri untuk berhenti menulis dan melakukan hal lainnya, hal yang lebih baik.” Kata Beth Dunn, HubSpot UX writer & editor.

“Kalau jari-jari Anda masih bisa digerakkan, tandanya Anda masih bisa menulis. Duduklah pada waktu yang sama setiap hari dan mulailah mengetik.” Lanjutnya.

Anda ingin membiasakan diri untuk menulis setiap hari tapi tidak tahu apa yang harus ditulis? Daily Page akan memberikan dorongan untuk Anda untuk menulis setiap pagi.

Bukan hanya itu, Anda memiliki sepanjang hari itu untuk menulis respon, dan Anda dapat menshare atau menyimpannya untuk pribadi.

  1. 750 Words

Cara lain meningkatkan skill menulis Anda adalah lakukan latihan “pompa otak” menggunakan tools seperti 750 Words.

“Memompa otak” artinya menyalurkan apa yang ada dalam kepala Anda ke atas kertas tanpa harus takut menyampaikan ide dan hal pribadi.

Ini bukan soal blogging atau mengupdate status, ini tentang Anda.

Tulis apa pun yang diinginkan pada akun pribadi Anda, tanpa perlu mencantumkan judul content atau tag topik Anda atau share dengan teman-teman Anda.

Yang dapat dilakukan oleh tool ini adalah mentracking berapa jumlah kata yang Anda tulis, sekitar 750 kata (3 pages).

Tool ini dimodifikasi seperti game, yang akan memberikan kesenangan kepada Anda.

Anda akan mendapat poin karena menulis. 2 poin jika menulis 750 kata dan poin lebih jika Anda menulis secara konsisten.

Dan setiap Anda menulis, Anda akan melihat statistik keren yang menunjukkan berapa lama Anda menghabiskan waktu untuk menulis.

2

  1. Twords

Mempublikasi content secara konsisten sangat penting dalam dunia blogging.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa perusahaan yang berkomitmen untuk mempublikasikan content secara teratur dan berkualitas untuk blog cenderung lebih banyak mendapatkan traffic website dan leads.

Tool seperti Twords akan membantu Anda agar lebih berkomitmen dalam menulis secara konsisten.

Twords menyebut diri mereka sebagai “aplikasi yang menyenggol Anda untuk menulis.”

Maksudnya adalah tool ini akan memberi notifikasi kalau Anda belum mulai menulis dan membantu diri agar lebih bertanggung jawab.

Tool ini juga akan mentracking tulisan yang Anda buat. Anda dapat melihat pattern penulisan saat sedang rajin blogging vs sedang malas menulis.

3

  1. Swipe File

Pada dasarnya, swipe file hanyalah folder di mana Anda bisa menjaga hal-hal penting yang ingin Anda simpan, seperti iklan, copy, email, dll.

Simpan semua postingan yang membuat Anda mengklik, sign up, hal lucu, atau sampai membuat Anda kagum. Tujuannya? Untuk menjadikan semua itu sebagai sumber inspirasi.

Bentuk swipe file bisa ada yang fisik atau digital.

  • Swipe file fisik bisa berupa folder atau kumpulan amplop di mana Anda bisa menyimpan print iklan, potongan copy, surat, dll.
  • Swipe file pada desktop bisa berupa folder digital, seperti yang biasa Anda lihat di dalam komputer Anda. Kapan pun Anda melihat sesuatu yang menarik perhatian Anda, tinggal langsung screenshot dan drag hasil screenshot ke swipe folder Anda.
  1. Help Me Write

Hal yang paling baik dalam menulis adalah Anda menulis sesuatu yang memang ingin dibaca oleh audiens Anda. Dan, Anda dapat meminta mereka untuk memberikan ide!

Ketika menggunakan Help me Write, Anda dapat memposting ide dari apa yang ada dalam pikiran Anda.

Kemudian, Anda dapat sharing ide-ide tersebut dengan jaringan Anda melalui Twitter, Facebook, email. Tanyakan pada audiens Anda apa yang paling sering mereka baca.

Mereka akan dengan senang hati memberikan vote pada kategori bacaan favorite dan Anda bisa memilih topik serta menjadi lebih baik dalam memanage waktu Anda.

5

  1. Trello

Menulis secara efesien dan terorganisir dengan baik adalah bagian dari cara meningkatkan skill menulis yang baik.

Gunakan tool seperti Trello untuk mengoleksi ide content, membaginya ke anggota tim Anda, menentukan deadline, berkolaborasi dengan anggota tim lainnya, mentracking progress, dan memindahkan ide-ide dari konsep sampai ke penyelesaian.

Di DigitalMarketerid, kami menambahkan semua ide post blog ke Trello, mengubah semua ide ke dalam bentuk card dan kami kembangkan dengan memberikan note. Setelah itu kami pindahkan dari list dengan drag & drop.

6

  1. Google Docs

Ada banyak cara dalam menggunakan Google Docs untuk meningkatkan skill menulis Anda. misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan riset online tentang topik yang ingin Anda tulis, menemukan quotes atau informasi yang edukatif.

Anda bisa menggunakannya untuk request edit atau komentar dari rekan kerja Anda, bahkan sampai memiliki kamus yang dapat digunakan secara internal sesama anggota tim.

  1. Quora & 9. inbound.org

quora

Ngomong-ngomong soal sumber keramaian, Quora adalah tempat yang bagus untuk tanya jawab jika Anda ingin mencapai jaringan lain di luar yang sudah biasa Anda akses.

Mudah dalam mencari keyword, mengikuti topik yang menurut Anda menarik atau memposting pertanyaan Anda.

Kalau Anda sedang mencari jawaban khusus dari inbound marketer, Anda dapat mengujungi inbound.org karena di sana merupakan sumber jawaban dari para professional.

  1. oTranscribe

Kalau Anda menulis sesuatu seperti interview dengan seseorang, oTranscribe adalah tool bagus yang akan membantu Anda dalam proses transkrip interview, dan juga memberikan Anda waktu lebih untuk menulis serta menganalisis.

Ini merupakan aplikasi web untuk mentranskrip interview yang diciptakan oleh Elliot Bentley, seorang penulis grafis di Wall Street Journal.

Audio player terintegrasi dengan editor, artinya Anda tidak perlu bolak-balik. Anda bisa pause, play, rewind, dan fast-forward menggunakan shortcut pada keyboard.

Setiap detik, transkrip Anda akan tersimpan secara otomatis di browser storage, jadi aman. Anda bisa mengekspornya ke teks biasa atau ke Google Docs.

otranscribe-tool

  1. Coffitivity

Siap untuk mulai menulis? Ini ada tool yang akan mendorong produktivitas Anda! Sebuah study dari Univesity of Chicago menemukan bahwa kebisingan lingkungan dengan tingkat sedang atau biasa yang disebut sebagai “white noise” akan membantu orang menjadi lebih kreatif.

Cofftivity menawarkan suara background café secara non-stop dengan berbagai variasi, seperti “Morning Murmur”, “University Undertones” sampai “Lunchtime Lounge”, dan “Brazil Bistro.”

  1. E.ggtimer.com & 13. Tomato Timer

Kalau Anda suka menulis dengan sedikit tekanan atau deadline, tool seperti E.ggtimer.com dan Tomato Timer berguna dan free.

Kedua tools ini menawarkan teknik Pomodoro : teknik manajemen waktu yang diciptakan oleh Francesco Cirillo.

tomato-timer

  1. ZenPen

Kalau Anda tidak dapat menulis dengan baik karena perhatian Anda gampang teralihkan, Anda bisa menggunakan tool ZenPen untuk memblok semua gangguan dan fokus pada apa yang sedang Anda tulis.

ZenPen merupakan sebuah website yang memberikan Anda “zona menulis yang minimalis.”

Ada beberapa fitur minimalis tersedia untuk membantu Anda untuk memberikan style pada teks, menambah hyperlink, dan quotes.

Sekali Anda selesai, yang perlu Anda lakukan adalah copy teks dan paste di blog editor Anda.

zenpen

  1. Power Thesaurus & 16. Thesaurus.com

2 website ini merupakan sumber di mana menyediakan pilihan kata-kata yang sering digunakan dari komunitas penulis.

Semua kata-kata yang disarankan di sini asli, dan didasarkan pada karya editorial dari tim penulis serta berasal dari review pengunjung.

Jadi Anda bisa keep kata-kata yang unik dan menarik untuk memancing munculnya inspirasi dan kreatifitas Anda.

  1. Prompts

Kalau Anda suka menulis sesuatu atau menuangkan ide menggunakan mobile phone di mana pun Anda berada, Anda bisa menggunakan aplikasi ini.

Prompts akan menyarankan apa yang harus Anda tulis berikutnya. Aplikasi ini juga akan melakukan tracking tentang kebiasaan menulis Anda, bisa mengingatkan untuk menulis secara teratur jika Anda mengijinkannya, serta memungkinkan untuk menjadwal hari dan waktu berdasarkan histori tulisan.

prompts-screenshot

  1. BrainyQuote

Anda bisa menemukan apa yang Anda inginkan seperti quote dari penulis terkenal, tokoh politik, selebritis, atau public figure atau tokoh masyarakat lainnya untuk memperkuat tulisan Anda atau untuk menginspirasi pembaca Anda.

BrainyQuote adalah perpustakaan yang penuh dengan jutaan sindiran menarik dan Anda dapat mencari berbagai quotes berdasarkan topiknya (kedamaian, sukses, leadership, dll) atau tokohnya (Aristoteles, Dr. Seuss, Audrey Hepburn, dll).

  1. Hemingway App

Ernest Hemingway dikagumi karena gaya penulisannya yang ringkas, oleh karena itu nama belakangnya digunakan untuk aplikasi editing yang satu ini.

Ingin membuat content Anda lebih mudah dibaca? Tinggal copy-paste teks Anda ke dalam aplikasi website free ini dan kemudian aplikasi ini akan menilai tulisan Anda serta mengidentifikasi peluang untuk membuatnya menjadi lebih simpel.

Pertama, aplikasi ini akan mengkategorikan tulisan Anda apakah mudah dibaca atau tidak ke dalam grade.

Kemudian, Anda akan ditunjukkan bagaimana cara untuk meningkatkan tulisan Anda agar lebih mudah dibaca.

hemingway-app

20. Grammarly & 21. Correctica

Ketika kegiatan menulis selesai, berarti sudah waktunya Anda mengedit. Mengandalkan editor manusia tidaklah cukup untuk mengecek apakah ada kesalahan pada tata bahasa.

Tools seperti Grammarly dan Correctica adalah tools yang untuk triple-checking sebelum Anda menekan “publish” atau “send.”

correctica

Dan kalau Anda suka menulis dengan menggunakan bahasa asing seperti Inggris, tools ini sudah pasti akan sangat membantu untuk menyempurnakan tulisan Anda!

Mana yang Anda Pilih?

Jadi, sekarang kita sudah sampai di ujung artikel, dari sekian banyak tools yang disebutkan kira-kira mana yang ingin Anda coba terlebih dulu?

Apa pun yang dipilih semoga tools di atas dapat membantu Anda dalam meningkatkan skill menulis menjadi lebih baik dan menciptakan content berkualitas!

Perlu diingat, meningkatkan skill menulis memang perlu terus diasah dan semua perlu proses.

Tidak masalah jika Anda sebagai seorang marketer belum bisa menghasilkan tulisan yang baik, yang terpenting adalah tetap tekun berlatih dan hasilnya pasti akan terlihat cepat atau lambat!

Selamat mencoba dan sampai berjumpa lagi di artikel lainnya!

Baca juga artikel yang berhubungan dengan topik meningkatkan skill menulis atau copywriting seperti :

Atau jika Anda ingin meningkatkan skill menulis langsung, mungkin buku ini akan berguna dan membantu Anda. Klik pada gambar.

buku-copywritingBagikan pengalaman Anda atau cerita menarik yang berkaitan dengan topik ini kepada  Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya, dengan mengisi kolom di bawah ini!


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>