9 Tips & Trick Membuat Visual Content untuk Bisnis Anda

9 Tips & Trick Membuat Visual Content untuk Bisnis Anda
24 Februari 2016

Semua orang yang memiliki bisnis online pasti memikirkan mengenai langkah pertama untuk mempromosikan produk atau jasa mereka.

Cara yang paling mudah dalam mempromosikan produk atau jasa sebenarnya dengan membuat visual content.

Menggunakan visual content sebagai promosi memiliki banyak keuntungan.

Ternyata pikiran mereka juga secara tidak sadar merespon brand dari bisnis Anda, dan kemudian bisa langsung tertanam di pikiran mereka.

Itu jika visual content Anda menarik.

‘Lalu, bagaimana cara agar visual content saya menarik?’

Jika itu memang pertanyaan Anda saat ini, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat.

Artikel kali ini akan membahas mengenai tools dan tips serta trick jitu untuk visual content Anda.

Mari disimak.

Membuat Sendiri atau Minta Bantuan Orang Lain?

Sebenarnya apapun keputusan Anda terkait dengan pembuatan visual content itu kembali lagi pada diri Anda.

Jika Anda merasa tidak mampu untuk membuatnya sendiri, tidak menjadi masalah jika meminta bantuan orang lain yang lebih ahli.

Tetapi jika Anda ingin mencoba sendiri, ini juga merupakan hal yang baik.

Mungkin Anda akan menginvestasikan waktu lebih banyak untuk belajar, namun hasilnya akan sebanding atau bahkan jauh lebih besar dari apa yang Anda pelajari.

  1. Gunakan Desktop Tools yang Mudah

Sangat penting untuk dapat membuat dan share visual content tanpa harus menunggu pihak ketiga untuk merancang itu, terutama ketika Anda harus berpikir cepat dan bereaksi secara real time.

Sampai beberapa tahun yang lalu, Anda mungkin dibatasi dengan 2 pilihan, belajar program canggih seperti Photoshop, Illustrator atau mempekerjakan seorang designer.

Anda dapat mengekplorasi dan melakukan berbagai macam hal jika Anda tahu tools yang tepat.

Ada 2 tools yang dapat dicoba untuk desktop Anda.

dm-canva-cover

Canva adalah design tool yang sangat mudah digunakan siapa saja. Anda bisa membuat gambar menarik hanay dalam beberapa menit.

Canva menyediakan banyak pra-desain template. (Meskipun Anda dapat merancang gambar kustom menakjubkan, ini hanya sekedar info saja.)

Anda dapat memilih template yang langsung bisa Anda singkronkan dengan Facebook, Pinterest, Google+, blog dan banyak lagi.

Canva selalu memproduksi lebih banyak template dan desain.

Selain segudang template, Canva menawarkan fitur seperti filter, font, teks, gaya dan kemampuan untuk meng-upload gambar Anda sendiri.

Anda akan menciptakan custom image dalam waktu singkat.

Pilihan desktop lainnya adalah PicMonkey. Ini adalah photo-editing tool, tetapi dapat melakukan hal yang jauh lebih baik lagi.

PicMonkey memiliki sejumlah ikon, grafik, filter dan desain yang sempurna untuk menciptakan gambar media sosial.

dm-picmonkey-font

Salah satu fitur yang siap digunakan adalah Anda dapat menggunakan font yang diinstal pada komputer Anda.

Fonts Anda akan muncul di font selector PicMonkey. (juga seluruh fonts dari PicMonkey)

PicMonkey menyediakan banyak hal unik dan menyenangkan. Dari template liburan, lengkap dengan ikon bertema liburan, gambar dan fontnya.

Hal ini memudahkan setiap marketer untuk membuat rencana visual content yang terkait dengan sebuah perayaan atau event.

dm-picmonkey

Kedua tools, Canva dan PicMonkey memberikan bantuan super untuk tutorial dan blog yang besar.

Platform ini mengembangkan fungsi mereka sepanjang waktu, sehingga pemenangnya adalah marketer yang perlu membuat visual content original. Marketer itu adalah Anda!

  1. Design Branded Templates

Sebuah taktik yang berguna untuk membuat visual content dengan mudah dan efisien adalah dengan menciptakan serangkaian branded templates Anda.

Tujuannya bisa jadi untuk mempromosikan acara, perayaan atau peluncuran produk.

dm-ytravel

Ini adalah di mana Anda mungkin perlu seorang designer. Meminta dia untuk membuat background template yang sederhana yang dapat digunakan untuk overlay teks, seperti di atas dari Blog Travel Y.

Pastikan designer memasukkan unsur-unsur penting seperti logo Anda, warna perusahaan dan URL.

dm-ytravel-travel-bomb

Ketika template background dirancang, yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan custom content Anda (lihat di atas) dan Anda memiliki sebuah gambar yang menarik serta dapat di-share lebih jauh dan luas.

  1. Batch Campaign Image

Jika Anda ingin benar-benar produktif dengan pembuatan konten visual, Anda perlu memperhatikan pembagian batch campaign image Anda. Seperti artikel blog Anda, produksi video atau rekaman podcast.

dm-batches

Pikirkan hal seperti menciptakan gambar berseri untuk satu tema (misalnya, satu template untuk tips dan template lain untuk tanda kutip).

Dashboard dari Canva sangat ideal untuk batching image, karena memungkinkan Anda dengan mudah menyalin format dari gambar sebelumnya untuk kemudian membuat yang baru, menukar gambar atau teks.

dm-canva

Bila memungkinkan, tanamkan visual content baru Anda di situs Web atau blog, dan kemudian share ke situs sosial dari sana.

Gambar di atas tertanam dalam posting blog sehingga mereka bisa dibagikan ke Pinterest, Facebook dan Twitter.

  1. Membangun Image Library

Ini adalah tip sederhana, tapi begitu banyak brand yang mengabaikan hal itu ketika bekerja dengan designer.

Setiap kali Anda memiliki sebuah gambar yang dirancang atau foto yang diambil, mintalah designer atau fotografer untuk memberikan dua file: satu berkas dengan bentuk .jpg biasa dan yang kedua file png dengan latar belakang transparan.

Sebuah file .png memungkinkan Anda untuk overlay ikon atau gambar pada latar belakang apapun.

Berikut ini hanya contoh kecil dari beberapa gambar yang sudah dirancang.

dm-image-library

Setelah Anda memiliki image library, Anda bisa mulai menjadi lebih kreatif membuat visual content dengan tools yang disebutkan dalam artikel ini.

  1. Meng-install Mobile Apps

Anda dapat menggunakan aplikasi smartphone untuk meningkatkan gambar ponsel Anda. Aplikasi yang sangat mudah digunakan dan Anda dapat menghasilkan quote atau tip image hanya dalam satu menit sambil menunggu latte Anda.

Ada 4 aplikasi mobile yang perlu Anda coba. Word Swag, Videohance, Over dan Little Moments. Sayangnya, tidak semua aplikasi ini tersedia untuk setiap sistem operasi.

Menggunakan Word Swag seperti memiliki seorang designer grafis di saku Anda. Dengan teknologi ekslusif mereka Typomatic Engine, Anda dapat dengan cepat menghasilkan layout custom text hanya dengan ketukan jari.

dm-wordswag

Anda dapat mengikuti Word Swag di Instagram untuk mendapatkan inspirasi. Aplikasi ini saat ini hanya tersedia di iPhone.

Videohance adalah penawaran baru dari tim di Word Swag. Videohance membuat video sama seperti Word Swag membuat layout custom text.

Yang Anda butuhkan hanyalah handphone di saku Anda.

Over adalah aplikasi yang bagus untuk menambahkan teks dan karya seni untuk foto.

Over memiliki banyak pengikut di Instagram, di mana mereka berbagi desain yang indah.

Anda bisa mendapatkan beberapa ide yang solid untuk gambar Anda sendiri dengan mengintip Over. Aplikasi ini tersedia di iPhone, Google Play dan Android.

dm-over

Little Moments adalah sebuah aplikasi yang berawal dari gagasan dari blogger Australia Chantelle Ellem.

Aplikasi ini dilengkapi dengan sejumlah fitur yang besar termasuk custom filters (yang dirancang oleh fotografer nyata di Instagram), font, warna, quotes dan ikon.

Jika Anda ingin mencoba permainan Photo-A-Day Challenge, aplikasi ini juga mencakup petunjuk harian yang dapat Anda ikuti untuk penggunaannya.

dm-little-moments

Meskipun Little Moments relatif baru, lebih dari 60.000 postingan sudah di-share dengan hashtag #littlemomentsapp di Instagram.

  1. Merekam Video Instagram

Tidak perlu untuk menginvestasikan waktu dan uang dalam sebuah video YouTube panjang.

Pebisnis yang cerdas menyadari bahwa mereka dapat menceritakan kisah mereka, berbagi pesan mereka, menampilkan tim mereka atau membawa kita ke behind the scenes dengan 15 detik dari video Instagram.

Video kiriman Denny Santoso (@dennysantoso) pada

Jika Anda akan menampilkan produk, lakuka dengan cara yang tampilkan gambar ke platform. Intel menunjukkan bahwa bahkan B2B bisa menjadi unik dan menyenangkan dengan mengambil pintar ini pada apa yang benar-benar di dalam tablet didukung oleh Intel.

Video kiriman @intel pada

Ini mungkin sebuah tantangan yang membuat orang berpikir bagaimana caranya ide dapat disampaikan dalam 15 detik, hasilnya?  Sepadan dengan usaha.

Masih begitu banyak potensi yang belum dimanfaatkan dalam pemasaran.

Butuh ide bantuan untuk video Instagram?

Anda bisa membuat film pendek dengan mengajukan satu pertanyaan wawancara / respon singkat dengan fans, customer atau klien (fokuskan ke pengalaman mereka dengan brand Anda) atau memperkenalkan anggota tim baru.

Anda juga dapat memberikan viewer tur singkat tentang perusahaan Anda.

Bisa dengan membuat teaser tentang acara mendatang atau memfilmkan tip, taktik atau prosedur yang menampilkan keahlian Anda dan membantu audiens Anda.

  1. Cari dan Gunakan Kekuatan dari Anggota Tim

team

Daritadi Anda disajikan beberapa tools, tips, dan trick yang dapat digunakan secara individual.

Tips berikut ini berguna untuk Anda yang ingin menggunakan tim untuk membantu Anda dalam membuat visual content.

Ada banyak jenis visual content dan bisa membuat Anda kewalahan jika tidak dipilih-pilih.

Kalau sudah demikian, jangan coba-coba untuk meng-handlenya sendirian atau hanya dengan bagian design Anda.

Anda dapat mulai dengan melihat keterampilan masing-masing dari anggota tim Anda.

Misalnya, seseorang dengan iPhone dan sudah aktif di Instagram mengambil gambar dan video pendek?

Apakah Anda memiliki master SlideShare? Seseorang yang dapat menyajikannya secara teratur dan dapat membuat SlideShare deck?

Carilah fotografer pemula yang bisa mendokumentasikan kegiatan mereka atau kegiatan anggota tim.

Anda dapat memintanya mewawancarai seseorang yang cenderung secara tidak visual tetapi memiliki banyak pengetahuan (kemudian mengubah wawancara menjadi aset visual).

Libatkan seluruh tim Anda (bahkan jika itu hanya ada 2 orang), memanfaatkan kekuatan mereka dan berikan mereka peran yang dapat mereka nikmati selama menjalankannya!

  1. Postingkan 1 Gambar Per Hari

Jika Anda kewalahan tentang gagasan untuk menciptakan konten visual, bersantailah dan mulai secara perlahan-lahan.

Tidak ada aturan yang mengatakan Anda harus memposting gambar beberapa kali dalam sehari untuk setiap harinya.

Konsistensi adalah kunci untuk setiap taktik media sosial, jadi mulailah dengan posting satu gambar asli di sebuah platform pada waktu yang sama setiap hari.

dm-discover-margaret-river

Hal-hal besar bisa datang dari postingan 1 gambar per hari. Sean Blocksidge, owner dari Margaret River Discovery Co, menggunakan cara ini.

Ia mulai menggunakan Instagram untuk berbagi 1 foto yang indah dari wilayah Margaret River setiap hari.

Hasil? Orang menemukan petualangan wisata yang unik, sambutan mulai datang dan bisnisnya akhirnya menjadi dikenal sebagai Tripadvisor No.1 Tour di Australia 2010-2013!

Itulah kekuatan konsistensi dengan konten visual.

Menggunakan alat seperti Facebook Scheduler, HootSuite, Pos Planner atau Buffer dapat juga membantu menjadwalkan posting Anda.

Bukan hanya itu! Anda memiliki waktu untuk meningkatkan engagement dengan fans Anda.

  1. Mengelola Visual Content

Proses dari visual content itu terbagi 2, pembuatan dan mengelolanya.

Ketika masuk ke mengelola konten, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting. Seperti konsistensi, situs konten yang disukai dan penjadwalan.

Disarankan Anda untuk konsisten dalam sharing. Sharing content visual dari website lain, blog, Facebook pages dan situs sosial.

Ketika Anda telah menemukan konten yang ingin dikelola, gunakan scheduling tool untuk merencanakan kapan dan di mana konten tersebut akan di-share.

dm-benjamin-franklin-quote

Anda dapat mencoba salah satu tool untuk mengelola visual content, Post Planner.

Mengelola visual content tidak harus memakan waktu atau mahal asalkan Anda konsisten dan menggunakan tools yang tepat.

banner-FB-tanpa-link-CTA

Sudah Mendapat Ide? Wujudkan!

Semua tools dan tips yang dituliskan dalam artikel ini tidak akan terlihat hasilnya jika hanya disimpan dalam pikiran Anda tanpa ada action untuk membuat visual content.

Jadi, ketika Anda sudah mendapat ide untuk visual content segera wujudkan! Jangan sampai ide Anda terkubur dan suatu saat Anda menyesal karena digunakan oleh orang lain!

Selamat mencoba!

Baca juga >>> 7 Tips untuk Membuat Konten Viral di Media Sosial <<<

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.

Related Posts