Sukses Diusia Muda Seperti Rico Huang? Kenapa Tidak!

sukses
20 September 2017
Bagikan artikel ini
  • 47
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    47
    Shares

Bagikan artikel ini :

Banyak sekali orang yang mengeluh “saat ini pasar sedang lesu nih! Penghasilan makin lama makin menurun!”

Well, sebenarnya bukan soal pasar yang sedang lesu, tapi jaman sudah semakin canggih dan berkembang membuat pasar beralih dari offline ke online.

Dari masa peralihan bisnis dari offline ke online dan persaingan bisnis, terdapat sebuah cerita menarik yang datangnya dari kaula muda.

Sosok anak muda yang berhasil membuktikan kalau ia bisa mencapai kesuksesan itu adalah Rico Huang.

Rico merupakan anak ketiga dari empat bersaudara ini sukses di saat usianya baru menginjak 22.

Dari SMA, Rico suka mencari uang tambahan untuk jajan, dari sinilah jiwa berbisnisnya muncul.

Dengan bermodal dari orangtua dan uang angpao yang ia kumpulkan, bisnis pertamanya adalah mengkreditkan hp ke guru-gurunya. Dari situlah usahanya mulai berkembang.

Soal gagal, ia sudah sering mengalami yang namanya jatuh bangun. Sempat berjualan mie ayam dan baru buka 4 hari saja usahanya langsung gulung tikar. Bukan cuma itu saja, ia juga merugi sampai 15 juta.

Bangkit dari keterpurukannya saat itu, akhirnya Rico mencoba untuk berbisnis online.

“Saya jualan di marketplace dulu, sampai akhirnya sekarang punya beberapa usaha di dunia online.” Kata Rico.

Usia boleh muda, tapi pengalaman bisnis Rico sudah cukup banyak dibandingkan dengan orang-orang yang usianya sepantaran dengannya.

Pernah menjadi supplier aksesoris hp, ia juga memiliki web untuk bisnisnya ini, yaitu alonagadget.com. Resellernya pun ada di berbagai kota.

Yang namanya membangun sebuah bisnis pasti ada tantangan yang harus dihadapi, begitu juga yang dialami oleh Rico.

Ia harus melakukan test untuk bisnis yang akan dijalankan. Mulai dari budgeting, uang yang dikeluarkan untuk gambar atau sekedar landing page yang dihasilkan.

Selain test, ia juga harus menghadapi tantangan ketika ia membentuk tim. Memang bukan hal yang mudah dalam membentuk tim, apalagi pada dasarnya Rico adalah orang yang mandiri.

Bukan sekedar mandiri, Rico sendiri mengakui kalau dirinya adalah tipikal yang terburu-buru. Terutama ketika mengambil keputusan untuk menjalankan bisnis baru.

Pernah ia mengambil beberapa mesin bisnis dan produksi dan akhirnya, mesin itu malah tidak digunakan.

Ia berpikir jika dibiarkan lebih lanjut, maka dirinya akan kembali jatuh lagi.

Saat itu Rico tahu kalau ia perlu untuk mengupgrade dirinya agar bisa bangkit, membangun kembali bisnis serta menjalankannya dengan baik.

Ia mulai mencari tahu tentang digital marketing.

Dan dari sekian banyak mentor yang ada di luar sana, ia memilih untuk belajar dari Denny Santoso.

Sukses

Kalau ditanya mengapa ia memilih Denny Santoso, ternyata ia memang sudah tahu dan sempat kenalan ketika Denny Santoso mengisi sebuah seminar.

Dari situlah semua pembelajarannya dimulai. Selesai memperhatikan seminar, ia mencari informasi lebih lanjut di Internet.

Ia bertekat untuk mengupgrade pengetahuan dan skillnya menjadi lebih baik lagi agar dapat meningkatkan bisnisnya.

Awalnya ia belajar dengan menonton beberapa video Denny Santoso di YouTube terutama tentang mindset.

Ternyata usai menonton video-video tersebut, ia masih merasa kurang.

Beralih dari sekedar menonton video, Rico memutuskan untuk ikut workshop DM Elite.

DM Elite merupakan sebuah workshop yang diadakan oleh DigitalMarketer.id untuk orang-orang yang ingin belajar digital marketing dari merancang bisnis, membangun tim, funnel, dll.

Dalam proses pembelajaran digital marketing di workshop, Ia memperoleh banyak hal yang membuka matanya dan menemukan solusi bagaimana menjalankan bisnis yang baik.

Pertama mulai dari memperbaiki sikap yang terburu-buru, ia sadar dan belajar untuk fokus pada satu hal. Ia memulai lagi dari awal dan menyusun kembali strategi bisnisnya.

“Kalau sudah fokus di satu bisnis dan mau beralih ke bisnis lain, diusahakan mendelegasikan ke yang lain, baik ke team kita ataupun ke partner kita. Sehingga ketika bisnis kita sudah bisa dilepas.” Ia menyarankan.

Kedua, berbisnis tidak bisa dilakukan secara sendiri, hal ini juga yang diajarkan dan menyadarkan Rico kalau ingin mengembangkan bisnis, dia tidak bisa menjadi superman yang harus mengerjakan semuanya sendiri.

Ia butuh yang namanya tim, dan ia terinspirasi untuk membangun tim dari mentornya, Denny Santoso.

Ketiga, ia bisa networking. Sambil menyelam minum adalah peribahasa yang tepat untuk Rico. Ia belajar sambil memperluas pergaulannya selama mengikuti proses pembelajaran digital marketing.

Setelah memperoleh apa yang ia rasa cukup, ia langsung mempraktikkan semua materi yang didapat. Bagaimana dengan hasilnya? Bisnisnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dirinya kini memperoleh time freedom dan financial freedom.

Selain memiliki sekolah internet marketing yang diberi nama pasukan alona.com. Rico juga memiliki e-commerce khusus product custom (dropshipaja.com). So, totally different setelah ia belajar di workshop.

ia berpandangan apa yang dibahas pada DM Elite seharusnya ada dikurikulum mahasiswa yang ada di perkuliahan.

Anak muda seperti dirinya seharusnya sudah diajarkan dari sedini mungkin karena generasi sekarang sudah melek internet semua.

Perilaku orang sudah mulai berubah, cara berjualan dan mencari uang juga sudah berubah. Kalau cara mencari uang berubah, orang yang mencari uang juga harus berubah, salah satunya adalah dengan meng-upgrade skill untuk belajar digital marketing. Jadi ini merupakan pembelajaran yang penting sekali bagi para pebisnis.

Rico memberikan sebuah quotes yang bisa dijadikan sebagai pegangan kepada para pembaca agar terus berusaha sampai mencapai kesuksesan.

Everyday is selling day. Tidak ada hari tanpa jualan. Tiap hari wajib launching, launching, dan launching. Jadi tidak ada yang namanya saya sudah tidak mau berjualan lagi, sudah tidak mau  belajar lagi. Jadi semua orang wajib jualan. Kalo tidak jualan Anda akan tertinggal.” Tutupnya.

Dari cerita kali ini, kita bisa mengambil poin penting bahwa tidak ada kata menyerah. Ketika kita jatuh, maka bangkitlah lagi. Belajar terus dan jadilah orang yang haus akan ilmu serta pengalaman.

Ketika selesai mendapatkan ilmu yang baru, praktikkan ke bisnis Anda! Jangan biarkan semuanya terbenam dalam otak karena nanti akan tertumpuk oleh ilmu-ilmu baru karena pada dasarnya ingatan manusia terbatas dan kemungkinan untuk lupa selalu ada.

Sukses di usia muda? Kenapa tidak!

Fakta tentang Rico Huang :

Rico Huang menjadi entrepreneur muda yang ternyata tidak menyelesaikan kuliahnya.

Ia memiliki mindset yang berbeda dan berani melawan arus, memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliahnya di Binus University pada semester 2.

Menurutnya, ia memilih untuk tidak melanjutkan kuliahnya bukan karena alasan ingin bersenang-senang tapi ia memikirkan masa depan bisnisnya.

Keputusan yang berat namun semua terbayar berkat usaha dan terus memfokuskan diri pada bisnis menjadikan dirinya sukses seperti sekarang ini.

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  • 47
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    47
    Shares

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>