9 Hal yang Perlu diperhatikan Jika Ingin Menarik Perhatian Pengunjung ke Website

9 Hal yang Perlu diperhatikan Jika Ingin Menarik Perhatian Pengunjung ke Website

Menciptakan blog dan web yang menarik perhatian pengunjung bisa dengan mudah dilakukan jika Anda mengetahui bagian mana saja yang perlu ditingkatkan pada blog dan web Anda.

Kita semua tahu tujuan dari menciptakan blog dan web yang menarik bukan cuma sekedar mendapatkan pengunjung saja, tapi sebagai langkah awal untuk membangun hubungan agar nantinya bisa mengkonversi mereka.

Banyak orang yang asal jebret membuat blog dan website kemudian mulai kebingungan bagaimana mendapatkan pengunjung untuk mampir dan stay untuk membaca konten yang disajikan.

Pertanyaannya sekarang, adakah cara untuk menarik perhatian mereka?

Tentu saja ada!

Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk mencari tahu apa saja yang harus dilakukan dalam menciptakan blog dan web yang menarik perhatian pengunjung serta membuat mereka betah berlama-lama di situs Anda.

Mari kita bahas!

Menciptakan Blog dan Web yang Menarik Perhatian Pengunjung

Sebenarnya kunci agar banyak pengunjung mampir dan stay itu sederhana.

Kita harus memposisikan diri jika kita sebagai pengunjung atau pembaca yang akan mampir ke sebuah blog dan website.

Kira-kira apa yang ingin kita lihat dalam sebuah blog dan website selain isi kontennya?

Berikut ini ada 10 hal yang menjadi perhatian pengunjung ketika mereka mampir ke sebuah blog dan web.

  1. About Page

1

Percaya atau tidak, ternyata pengunjung sering mengunjungi bagian page ini lebih dari yang dikira.

Menciptakan about page dengan cepat akan membiarkan orang-orang untuk tahu siapa Anda, apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda akan membantu mereka.

Sekali orang mulai mempercayai Anda, ikut bergabung dalam email list dan bahkan membeli produk Anda, pastinya mereka akan penasaran siapa yang bekerja di balik layar.

Kalau Anda mau, Anda bisa membuat “about me” di sidebar atau membuat satu page khusus pada blog atau web Anda dengan foto.

Tapi ada beberapa orang yang tidak ingin mempublikasikan foto mereka bahkan nama aslinya pada blog dan web. Hal ini tidak menjadi masalah.

  1. Contact Page

2

Bagian ini juga masuk dalam proses menciptakan blog dan web yang menarik perhatian pengunjung.

Bukan hanya itu, contact page penting agar orang-orang bisa keep in touch dengan Anda.

Ini akan membantu Anda dengan membangun kepercayaan dan membangun engagement.

Pada setiap akhir artikel, DMID sering memberi dorongan kepada para pembaca dan pengunjung untuk tetap berhubungan serta berkomunikasi dengan DMID.

Tidak sudah dalam membuat contact page, jadi Anda tidak akan mengalami stress.

Nama yang sederhana, alamat email Anda dan beberapa profil social media sudah cukup untuk pemula.

  1. Home Page dengan Postingan Blog Anda

3

Home page Anda bisa menjadi landing page, tapi banyak juga yang memisahkan kedua page ini untuk tujuan yang lebih sepsifik.

Tidak masalah, karena sesuai dengan keinginan dan tujuan utama Anda.

Ketika DMID mempublikasikan postingan artikel-artikel baru, semua dimasukkan ke dalam home page.

Menjadi kesenangan tersendiri karena selain Anda dapat menampilkan semua konten kepada para pengunjung dan pembaca, juga menjaga home page tetap update.

Anda mungkin pernah melihat beberapa situs web yang langsung menampilkan seluruh isi konten secara keseluruhan di home page, ini bukan hal yang bagus.

Kenapa? Tujuan dari mempublikasi artikel adalah ingin tahu seberapa banyak pengunjung dan pembaca akan mengklik link konten artikel Anda.

Kalau konten beserta isinya langsung muncul di home page, Anda tidak dapat melacak jumlah statistic pembaca!

Untuk menghindari hal ini, pastikan kalau Anda mengubah “all content” ke “summary” di pengaturan “Reading” di WordPress Anda.

  1. Frekuensi Updatean Website

4

Orang-orang akan kehilangan minat ketika sekali mereka melihat sebuah blog atau web yang tidak diupdate selama bertahun-tahun dan segera pergi mencari informasi di blog lain.

Hal ini terjadi karena situs blog tidak dimaintain dan tidak diupdate sehingga tidak memberikan user experience yang ideal.

Jaga blog dan website Anda dengan publikasikan konten baru paling tidak seminggu sekali (4 postingan dalam sebulan).

Juga, coba untuk menciptakan konten yang dapat menjadi umpan untuk memancing pengunjung. Cari tahu selengkapnnya di 6 Cara Unik untuk Membuat Konten dengan Cepat.

  1. Images dan Visual yang Berkualitas

5

Manusia sebagai makhluk visual cenderung tertarik dengan gambar dibandingkan dengan tulisan saja.

Hal ini juga berlaku untuk blog dan web Anda. Pengunjung ingin melihat koleksi dari images dan visual yang berkualitas. Jika Anda bisa memenuhi apa yang mereka inginkan, mereka tidak akan segan memberikan pujian untuk brand dan konten Anda.

Branding di media sosial dengan konten visual yang kuat membahas semua yang berhubungan dengan kegiatan branding dan juga visual yang cocok untuk diterapkan pada konten Anda.

Ada banyak source untuk mendapatkan images dan visual yang berkualitas. Anda dapat mencarinya di depositphotos, freepik, shutterstock.

Menambahkan images akan membuat konten lebih mudah dibaca dan Anda juga bisa mensharenya di social media.

  1. Upaya untuk Meminimalisir Kesalahan Tata Bahasa & Ejaan

6

Mungkin Anda menemukan beberapa kalimat atau kata yang kurang pas dalam artikel ini.

Tandanya Anda menyimak artikel ini dengan sungguh-sungguh.

Dalam menyajikan konten, Anda harus melakukan hal selanjutnya dalam menciptakan blog dan web yang menarik perhatian pengunjung ; melakukan pengecekan terhadap konten dan melakukan perbaikan jika ada kesalahan dalam penulisan.

Tidak menjadi masalah jika konten pertama Anda terlihat kacau, tapi setidaknya Anda belajar, mengetahui letak kesalahan kata dan melakukan perbaikan.

  1. Memberikan Konten yang Bagus Kepada Mereka

7

Orang akan mampir ke blog dan web Anda untuk melihat konten yang dipublikasi, bukan untuk mencari tahu tentang Anda (kecuali kalau Anda sudah menjadi influencer yang terkenal).

Jadi konten Anda adalah “wajah” dari blog atau web Anda.

Artinya, orang akan selalu berdatangan untuk melihat dan mengecek konten terbaik Anda.

Memang semua orang bisa menemukan konten online Anda, tapi jika konten Anda tidak cukup bagus peringkatnya pada search engines dan tidak cukup “hitting” untuk dihare pada social media, maka tandanya konten Anda belum bisa dikatakan sukses.

Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan informasi tentang topik tertentu atau niche sesuai kemampuan Anda.

Cari tahu konten apa yang diinginkan oleh target audiens Anda dan buatlah! Anda dapat mengembangkan topiknya menjadi luas, tapi untuk saat ini, publikasikan konten yang dicari oleh orang-orang.

Cara untuk melakukannya?

Sebenarnya ada banyak cara, tapi yang paling mudah dan pupoler adalah melalui keyword research.

Keyword research akan membiarkan Anda tahu konten apa yang paling diminati audiens (dan berapa kali dalam sebulan mereka mencari topik tersebut).

Jadi, itu merupakan cara yang baik untuk mendapatkan beberapa ide dan mulai menuangkannnya ke dalam bentuk tulisan.

  1. Sesuatu yang Gratis

8

Ada sebagian orang yang mengatakan kalau email sudah mati, dan orang juga tidak suka menerima email. Benarkah demikian? Ternyata performa email masih tinggi!  

Tentang orang yang tidak suka menerima email, pada nyatanya adalah orang cenderung lebih pasrah kalau inbox mereka penuh email, terutama jika email yang mereka dapat berupa penawaran.

Memberikan sesuatu yang gratis akan membantu Anda dalam menciptakan blog dan web yang menarik perhatian pengunjung.

Bukan hanya itu, Anda bisa membangun email list dan marketing campaign.

  1. Loading Website yang Cepat

9

Load web yang lama itu merupakan mimpi buruk, jadi kalau kecepatan load situs Anda tidak berada di rata-rata atau di atasnya, maka Anda akan kehilangan lebih banyak pengunjung serta pembaca daripada mendapatkan mereka.

Jadi, Anda pasti setuju tentang hal yang satu ini. Semakin cepat load sebuah blog dan web semakin tinggi tingkat kepuasan pengunjung. Semakin tinggi tingkat kepuasan pengunjung dan pembaca, maka mereka semakin betah di blog dan web Anda.

Cara terbaik untuk mengecek kecepatan blog dan web Anda adalah dengan mencoba Google tool dimana Anda bisa memasukkan URL Anda dan kemudian akan dikalkulasi.

Bagaimana Selanjutnya?

Dan, kita sudah sampai di ujung artikel. Bagaimana pendapat Anda tentang topik kali ini? Apakah Anda sudah menyadari 9 hal ini atau ternyata belum sama sekali? Kalau begitu, ini menjadi tugas Anda mulai dari sekarang.

Yang perlu diingat adalah tidak perlu buru-buru dalam menjalankan semua wawasan yang telah Anda dapat kali ini.

Step by step saja, yang penting semuanya bisa diterapkan dengan baik.

9 hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan blog dan web yang menarik perhatian pengunjung ini seperti peta, yang harus Anda ikut dan checklist guna meningkatkan style dari blogging dan komunikasi Anda.

Selamat menerapkan dan sampai jumpa di artikel lain!

Baca juga artikel menarik lainnya :

banner-FB-tanpa-link-CTABila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik atau pengalaman dalam Menciptakan blog dan web yang menarik perhatian, sampaikan saja ke Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.