Instagram untuk Bisnis: Menggunakan User Generated Content untuk Posting Foto

Instagram untuk Bisnis
17 Maret 2016

Dalam meggunakan Instagram untuk bisnis Anda, memanfaatkan User Generated Content (UGC) adalah cara populer untuk menciptakan keterlibatan audience di media sosial.

User Generated Content adalah konten yang dihasilkan dari user atau pengguna. UGC telah menjadi fokus bagi banyak merk terkenal.

UGC punya banyak keuntungan bagi sebuah merk yang berhasil memasukkan ke dalam kampanye pemasaran media sosial mereka. Bahkan bisa menjadi hal yang relatif mudah berbagi dengan seluruh audience Anda.

Berikut ini adalah cara memanfaatkan User Generated Content di Instagram untuk Bisnis Anda, yang dapat menghasilkan engagement dengan Audience.

Instagram untuk Bisnis: Manfaat User Generated Content

Menggunakan UGC di Instagram untuk Bisnis Anda memiliki banyak keuntungan.

Yang pertama jelas, ketika Anda berbagi UGC, yang berarti Anda tidak membuat konten tersebut.

Anda hanya perlu mendapatkan izin dari pengguna yang memposting foto produk atau tentang bisnis Anda, dan menambahkan merk Anda di caption foto. Hal ini akan sangat menghemat waktu dan uang, dibandingkan mereka yang akan membuat posting sendiri dari awal.

Menggunakan UGC juga merupakan cara yang bagus untuk membangun hubungan dan loyalitas follower Anda. Jika mereka melihat Anda memperhatikan apa yang mereka katakan, mereka akan lebih bersemangat dengan merk Anda.

Bahkan jika Anda tidak perlu berbagi sesuatu dari mereka, banyak pengguna akan parsial untuk merek yang mengakui dan tampak bersemangat tentang pengikut mereka di media sosial.

Instagram untuk Bisnis

Akhirnya, UGC dapat membuat banyak engagement (keterlibatan audience). Banyak pengguna akan senang  posting mereka di instagram ada di suatu merk.  jika mereka melihat bahwa Anda berbagi banyak konten pengguna, mereka akan lebih cenderung untuk mulai membuat dan posting content juga.

Penggunaan UGC di Instagram sangat kuat dan bermanfaat karena dapat mendorong user lain tertarik dengan produk Anda.

Cara Mencari User Generated Content untuk Instagram

Menemukan konten di Instagram tidak sesulit yang mungkin Anda pikirkan jika belum mencoba. Berkat Instagram (dan situs lain) juga mesin pencari, Hal tersebut menjadi lebih mudah darpadai sebelumnya. Berikut 5 cara mencari User Generated Content di instagram untuk bisnis Anda.

  1. Meminta Konten Pada Audience

Meminta pengguna untuk membuat atau posting konten/foto dan hashtag tertentu adalah metode yang sangat efektif untuk mendorong UGC untuk yang nantinya dapat Anda lacak(track).

Berbagi posting di Instagram meminta pengguna untuk membuat dan berbagi posting mereka sendiri.

Meskipun tidak harus semua tentang produk Anda, konten yang Anda minta harus memiliki tema dasar/topik atau alur cerita, yang memudahkan untuk pengguna berpartisipasi dan membutuhkan sedikit usaha untuk berpikir tentang apa untuk posting.

Instagram untuk Bisnis

Pampered Chef meminta hak UGC di profil utama mereka, serta dalam beberapa posting.

Pengguna jauh lebih mungkin untuk terlibat dan berbagi posting jika diberi petunjuk yang relatif spesifik bukan yang samar-samar yang tidak memiliki “tema” yang spesifik dan tidak meminta secara langsung bagi pengguna untuk berbagi dan membuat posting.

Karena pengguna telah menciptakan konten atas permintaan Anda dan menggunakan hashtag, mereka akan lebih cenderung untuk memungkinkan Anda untuk berbagi dengan audiens Anda.

  1. Membuat Photo Contest

Jika Anda memiliki banyak follower, mengadakan satu photo contest di Instagram dapat menghasilkan banyak konten yang bisa Anda gunakan untuk sementara waktu.

Kontes dapat memanfaatkan motivasi kompetitif selain itu juga menawarkan hadiah bagi pemenangnya (Voucher diskon, produk gratis, dll).

Instagram untuk Bisnis

Ketika Anda mengadakan kontes foto di Instagram, pastikan untuk menetapkan aturan tertentu dan mengingatkan pengguna bahwa mereka hanya akan memenuhi syarat jika mereka menggunakan hashtag spesifik, misalnya hashtag merk produk Anda. Ini juga yang terbaik untuk meminta mereka membuat pos mereka publik.

Anda bisa menyimak tentang kontes yang bisa Anda buat di Instagram pada artikel berikut ini >>> 3 Langkah Meningkatkan Engagement di Instagram Melalui Kontes

Setelah kontes berakhir, Anda dapat mencari hashtag dan mengumumkan pemenang dan berbagi konten mereka. Bahkan setelah itu, banyak pengguna akan senang jika Anda menghubungi mereka nanti dan meminta untuk berbagi gambar mereka, juga, jadi hashtag tetap berguna.

  1. Cari Hashtag

Jika ragu, cari konten dengan hashtag sangat berhubungan dengan bisnis Anda. Banyak pengguna akan membuat konten yang terkait dengan merk Anda dan menggambarkannya dengan hashtag yang relevan bukan tag instagram Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat mencari hashtag tertentu merk atau nama bisnis Anda, misalnya seperti di bawah ini.

Instagram untuk Bisnis

Meskipun mungkin muncul beberapa konten yang sebenarnya tidak relevan, itu adalahcara yang efektif untuk menemukan ide-ide UGC dimana para audience berdiskusi dan berinteraksi dengan produk atau merk Anda.

Instagram untuk Bisnis Menggunakan User Generated Content untuk Posting Foto4

 

Anda harus selalu meminta izin sebelum menggunakan UGC, itu sangat penting di sini, di mana pengguna tidak termotivasi untuk membuatnya dengan Anda secara langsung.

Mengomentari posting dan minta izin untuk menggunakan posting foto mereka, Anda dapat meminta mereka untuk melakukan hal ini yang lain, misalnya menambah hashtag merk yang lebih spesifik agar lebih mudah untuk memeriksa dan melacaknya.

  1. Keluar dari Instagram

Tidak semua UGC yang akan Anda gunakan harus dari Instagram.Anda dapat menemukan konten pada berbagai platform dan gunakan di posting Instagram Anda.

Beberapa tempat yang dapat Anda lihat untuk membuatnya menjadi UGC meliputi:

  • Platform media sosial lainnya, seperti Facebook, Pinterest, dan Twitter
  • Komentar di blog
  • Ulasan (Review)
  • Vines atau Youtube
  • Fan art

Perlu diingat bahwa Instagram tidak hanya perlu memiliki posting foto-foto berkualitas tinggi, Anda juga dapat menggunakan video, visual dengan teks, dan yang dibuat pengguna GIF.

Twitter adalah salah satu tempat terbaik untuk menemukan dan menghasilkan percakapan tentang merek Anda. Pengguna dapat menandai (tag) Anda dan / atau menggunakan hashtag bermerek Anda, sehingga mudah untuk menemukan percakapan.

Search engine Facebook juga dapat membantu untuk menemukan diskusi yang sedang trend  pengguna memiliki tentang produk Anda (dengan kemungkinan peningkatan kualitas gambar). Apakah mereka memposting gambar, video, atau hanya teks, Anda dapat menggunakan apa yang mereka bagikan di Instagram (sekali lagi, dengan izin) untuk posting yang bagus.

  1. Cari Review

Banyak bisnis memiliki ulasan (review) dan testimonial di website mereka; mereka sering mendorong klien ataupun pembaca untuk meninggalkan review di Google, Yelp, dan platform media sosial lainnya.

Review dari pengguna tersebut dapat menjadi motivator yang kuat untuk membantu mendorong customer baru membeli Anda, dan mereka dapat digunkan menjadi UGC untuk Instagram. Ketika stok ide dari UGC hampir habis, beralih ke review bisa menjadi ide yang bagus.

Anda dapat menemukan review tersebut di berbagai temapt, salah satunya adalah Facebook, Anda dapat dengan mudah membalas review, meminta izin menggunakannya untuk membuat konten Anda.

Instagram untuk Bisnis Menggunakan User Generated Content untuk Posting Foto6

 

Beberapa merek telah menciptakan foto yang telah di edit dengan menambahkan teks dari review mereka. Kuncinya menemukan Review pengguna yang bagus tapi singkat, terlalu banyak teks akan mengganggu pengguna yang harusnya fokus pada foto Anda Instagram. Namun, review yang panjang juga dapat membantu Anda di ranking Google.

Kesimpulan

User generated content menawarkan banyak manfaat, termasuk kemampuan untuk meningkatkan jumlah follower dan keterlibatan Anda di Instagram.

Ini adalah salah satu cara yang menambah strategi social media marketing Anda, terutama ketika Anda berfokus pada Instagram untuk bisnis. Apakah UGC bagian dari strategi social marketing terutama Instagram untuk bisnis Anda? Jika belum Anda bisa menggunakan cara di atas.

Anda bisa mempelajari beberapa artikel tentang Instagram yang dapat membantu meningkatkan bisnis Anda berikut ini:

Anda juga bisa berbagi pengalaman atau pendapat tentang menggunakan user generated content di Instagram untuk Bisnis Anda bersama DigitalMarketer.id pada kolom di bawah ini.

Related Posts