Ingin Meningkatkan Traffic Blog & Website? Coba Perhatikan Jenis-jenis Content Berikut Ini!

meningkatkan traffic blog dan website
2 November 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Meningkatkan traffic blog dan website bisa dilakukan jika Anda memahami jenis-jenis content.

Yang perlu Anda ketahui adalah content marketing itu lebih dari sekedar menulis di blog atau website.

Jika Anda baru dalam content marketing, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melaunching blog atau dan mulailah menulis.

Ketika blog atau website Anda sudah terbentuk dan siap untuk dijalankan, berarti saatnya Anda mengetahui serta mencoba berbagau jenis content baru untuk diterapkan.

Artikel kali ini akan membahas tentang jenis content dan akan membantu Anda dalam melihat perbedaan (dari segi traffic, pengunjung yang tertarget, tingkat konversi, dan SEO yang lebih baik) antara sebelum dan sesudah memilih serta menerapkan content yang sesuai menurut Anda.

Mari kita bahas!

Hal yang Perlu Anda Ketahui

Ada hal yang perlu Anda ketahui sebelum kita masuk pada pembahasan meningkatkan traffic blog dan website :

  • Anda tidak perlu mencoba semua contoh.

Karena setiap jenis content yang diterapkan pada brand hasilnya akan berbeda-beda. Jika Anda merasa satu jenis content tidak cocok untuk Anda, bisa beralih ke jenis yang lain.

  • Tidak perlu cemas untuk mencoba hal baru.

Banyak orang yang langsung takut ketika diminta untuk mencoba jenis content lain karena mereka berpikir akan memakan waktu lagi, lebih susah, atau bahkan gagal. Tapi Anda tidak akan tahu apakah gagal atau berhasil kalau Anda sendiri tidak mau mencobanya terlebih dulu.

  • Setelah Anda menentukan salah satu, masukkan ke dalam schedule.

Kalau Anda mengunakan schedule untuk content marketing, masukkan 1 atau 2 jenis content yang Anda pilih ke dalam kalender editorial untuk bulan berikutnya.

Karena jika Anda tidak merencanakannya dari jauh-jauh hari, Kemungkinan besar Anda tidak akan melakukannya.

  • List ini tidak lengkap.

Anda harus tahu kalau content bukanlah tentang jenisnya, tapi lebih ke ide. Ide adalah hal yang utama, sedangkan bentuk content ada pada urutan kedua.

Pertama, kembangkan ide Anda kemudian tentukan bentuk ide tersebut akan menjadi seperti apa. Variasi content tidak akan ada habisnya, bisa jadi nanti Anda akan menciptakan jenis content Anda sendiri.

Meningkatkan Traffic Blog dan Website dengan Mengetahui Jenis Content

  1. Infografik

Infografik merupakan sebuah presentasi dari informasi atau data secara visual. Sebutan ini muncul berdasarkan gabungan dari info + grafik.

Infografik medapat lebih banyak view, like, dan share dibandingkan dengan jenis content lainnya. Ini merupakan sebuah cara yang powerful untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan format visual.

Satu studi menemukan bahwa infografik lebih banyak di-like dan di-share pada social media 3 kali lipat dibandingkan content lainnya. Content Anda akan berpotensi besar menjadi viral jika menggunakan infografik.

Cara Menerapkannya

Kalau Anda memiliki kenalan desainer grafik professional, hubungi mereka dan minta bantuan mereka agar membuat infografik untuk Anda. beberapa artist grafik memiliki spesialisasi dalam infografik.

Tapi jika Anda memiliki dana lebih, Anda bisa coba menggunakan layanan seperti Visual.ly.

Ketika digunakan

Infografik bagus untuk mengkomunikasikan hampir semua ide atau konsep. Data, peneilitan, serta statistik.

Yang perlu diingat

Infografik bisa jadi mahal tergantung hasil desain akhirnya.

Infografik dibuat bukan hanya untuk menyampaikan pesan informasi, tetapi juga harus dapat di-share.

Buat gifografik. Gifografik merupakan sebuah model infografik tetapi menampilkan animated gif, bukan hanya sekedar gambar infografik yang konvensional. Anda dapat melihat contohnya di sini.

  1. Meme

Anda suka mengakses social media atau berbagai website hiburan? Kalau begtu Anda pasti tidak asing dengan meme. Sangat mudah dibuat, viral, dan lucu.

memeSalah satu benefit dalam menggunakan meme adalah akan menunjukkan sifat humoris. Orang-orang suka sesuatu yang dapat membuat mereka tertawa dan dapat share.

Cara Menerapkannya

  • Meme tidak memerlukan keterampilan desain grafis. Meme Generator dan Quick Meme adalah situs yang dapat Anda kunjungi untuk membuat meme dan menambahkan teks Anda sendiri.
  • Meme mungkin bukan jenis content terbaik untuk di-share pada blog atau website, tetapi jenis ini cocok digunakan pada social media Social media seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Tumblr akan membantu menyebarkan meme Anda.
  • Ketika mood sedang bagus atau Anda mendapat ide segar, segera buat menjadi meme.

Yang perlu diingat

Jenis content ini dapat disesuaikan. Yang bagus dari meme ini adalah bisa disesuaikan untuk berbagai niche Anda.

Meme bisa menciptakan value yang rendah, jadi sebaiknya tidak terlalu sering menggunakannya. Kalau disalahgunakan, meme dapat mengurangi value pesan atau brand yang ingin Anda promosikan.

  1. Video

Terdapat banyak variasi untuk video tetapi video yang bagus akan menyampaikan pesan secara ringkas dan mudah diingat. Kalau Anda melakukannya dengan baik, video bisa menjadi sangat persuasive.

Contoh video :

Cara menerapkannya

  • Apapun video yang akan Anda buat, entah tentang office tour, video penjelasan, atau music video, Anda perlu menggunakan skrip yang tepat.

Video bukan hanya sekedar gambar yang bergerak, ini juga tentang kata-kata yang Anda gunakan atau yang akan ditampilkan.

  • Upload video Anda di YouTube dan Vimeo. 2 situs ini merupakan tempat yang bagus untuk meningkatkan SEO dan hasil pencarian video itu sendiri.

Yang perlu diingat

  • Membuat video dengan kualitas yang baik itu tidak murah. Anda bisa memulainya dari yang sederhana dulu, tapi bekerja sama dengan ahli dalam bidang ini atau menyewa kru kamera bisa menjadi sebuah pengeluaran.
  • Video sebaiknya tidak terlalu panjang, cukup 2-3 menit saja.
  1. Panduan

panduan

Sebuah panduan adalah potongan content yang detil dan cukup panjang. Sebuah postingan blog atau website yang menggunakan jenis content ini jauh lebih unggul dibandingkan dari postingan blog biasa.

Menggunakan jenis content ini berpotensi besar untuk meningkatkan traffic blog dan website Anda.

Cara Menerapkannya

Menulis panduan membutuhkan penulis, desainer, dan ide yang baik. Penulis perlu menghasilkan top content.

Desainer perlu tahu bagaimana cara yang baik untuk menampilkan content agar terlihat menarik.

Dan sebuah ide haruslah menjadi suatu hal yang audiens inginkan. Anda pasti ingin menyajikan panduan dengan format yang dapat didownload seperti PDF.

Yang perlu diingat

  • Panduan bisa menjadi umpan yang membantu Anda untuk mengumpulkan alamat email. Contohnya seperti : “Saya akan memberikan Anda panduan yang luar biasa ini jika Anda mendaftarkan email Anda.”
  • Panduan harus terlihat bagus. Pastikan Anda merekrut seorang desainer yang kemampuannya setara dengan penulis.
  • Layout dan presentasi perlu diperhatikan agar panduan menjadi mudah dibaca. Semua ini harus didukung oleh gaya penulisan yang baik.
  1. Mengulas buku

bookreview

Mengulas buku merupakan diskusi sederhana dari sebuah buku yang Anda baca. Anda merekomendasikan yang bagus, memberikan kritik, dan berbagi nilai yang Anda peroleh dari buku tersebut.

ulasan buku sangat bagus untuk diterapkan karena mereka akan membantu memposisikan diri Anda sebagai pemimpin dalam berpikir.

Cara Menerapkannya

Sebuah ulasan buku bisa menjadi rumit atau sederhana tergantung keinginan Anda. berikut ini ada 7 poin yang dapat membantu Anda untuk memulai ulasan buku :

  1. Memperkenalkan buku : 1-5 kalimat.
  2. Memperkenalkan pengarangnya : 1-5 kalimat.
  3. Meringkas poin utama dari buku : 1-3 kalimat per poin.
  4. Sharing tentang apa yang Anda suka dalam buku : 1-5 kalimat.
  5. Sharing tentang apa yang Anda tida suka dari buku : 1-5 kalimat.
  6. Apakah Anda merekomendasikan (atau sebaliknya) kepada pembaca : 1-3 klimat.
  7. Berikan call to action : hubungkan ke landing page buku tersebut.

Yang perlu diingat

  • Jenis content seperti ulasan buku akan bekerja dengan baik jika Anda memiliki pembaca yang cenderung suka membaca buku.
  • Ulasan buku juga sangat membantu dalam meningkatkan sikap kepemimpinan Anda dalam berpikir kalau Anda dapat mengulas buku yang baru dirilis, pra-rilis atau wawancara dengan pengarangnya.
  1. Opini

opini

Gaya postingan ini berbeda dengan postingan dari blog atau website Anda, sebagian besar perbedaanya berasal dari tone.

Anda bisa menggunakan ini untuk publikasi secara hati-hati sekaligus melakukan penelitian tentang topik yang telah didiskusikan.

Opini bisa menjadi sangat kuat dan ekspresif. Akan semakin banyak yang membaca dan melakukan share jika Anda dikenal luas.

Cara Menerapkannya

Jadilah orang pertama yang menulis opini kuat pada hot topic atau masalah besar. Bisa jadi opini Anda akan membawa perubahan.

Saat Anda membahas topik-topik populer, ini akan meningkatkan potensi Anda dalam pencarian di internet dan memudahkan orang untuk dishare.

Yang perlu diingat

  • Ini bukanlah jenis content yang dapat digunakan sehari-hari.

Seseorang yang selalu melakukan share tentang opininya tentang sebuah topik akan menjadi sangat menyebalkan. Gunakan jenis content ini secara hati-hati.

  • Anda perlu bersikap sopan dalam menyampaikan opini.

Jangan biarkan opini yang Anda sampaikan mengubah Anda menjadi orang yang kasar. Karena memberikan kritik berbeda dengan meluapkan kemarahan.

  1. Ulasan produk

product review

Seperti mengulas buku, ulasan produk dapat membantu dalam membangun otoritas dan kepemimpinan dalam industri Anda. Setiap industri memiliki berbagai produk, software, dan service.

Saat Anda terlibat langsung dengan developer, produsen, atau provider service Anda memperoleh pengakuan dan penghormatan.

Yang perlu Anda lakukan adalah berbagi pengalaman Anda dengan produk dan berikan rekomendasi Anda.

Cara Menerapkannya

Berikut ini adalah struktur untuk mengulas produk :

  1. Memperkenalkan produk.
  2. Memperkenalkan produsennya.
  3. Menjelaskan produk.
  4. Share tentang apa yang Anda suka.
  5. Share tentang apa yang Anda tidak suka.
  6. Berikan rekomendasi Anda.
  7. Berikan call to action.

Yang perlu diingat

Jika produknya adalah barang fisik, Anda mungkin bisa membuat video untuk membantu Anda dalam mengulas produk.

Bukan hanya itu saja, video juga akan membiarkan Anda untuk melakukan pendekatan kepada audiens.

  1. “Bagaimana cara untuk…”

Howto

Bagaimana cara untuk adalah salah satu jenis content yang populer. Artikel “bagaimana cara untuk…” memiliki potensi pencarian long tail yang baik.

Contoh penggunaan long tail yang populer seperti “Bagaimana cara untuk meningkatkan traffic di…….” dan “Bagaimana……?”

Cara Menerapkannya

Pertama, identiffikasi masalah kemudian beralih ke solusi. Strukturnya seperti ini :

  1. Memperkenalkan masalah.
  2. Memperkenalkan solusi.
  3. Diskusikan setiap langkah dari solusi.
  4. Meringkas diskusi.
  5. Berikan simpulan.

Yang perlu diingat

  • Pilihan untuk jenis content ini tidak ada habisnya. Pikirkan suatu topik yang mencerminkan sesuatu hal yang Anda lakukan setiap hari. Kemudian, tulis artikel “bagaimana cara untuk…” berdasarkan pada suatu tersebut.
  • Bisa jadi topiknya mengenai industri tertentu atau yang umum, seperti : “Bagaimana cara membalas setiap email dalam 1 menit atau kurang dari itu” atau “Bagaimana mengoptimalkan SEO.”
  • Semakin dalam penjelasan Anda berarti akan semakin baik. Diagram, video, dan gambar bisa membantu meningkatkan traffic blog dan website Anda.
  1. Link pages

link-pages

Link pages merupakan jenis postingan sederhana yang mengirimkan link ke resource ke seluruh wesite.

Hal yang bagus tentang link post adalah menyebarkan link ke situs website lain, memberikan sinyal yang kuat untuk meningkatkan SEO website Anda, dan menegaskan bahwa Anda memiliki otoritas kepemimpinan dalam berpikir di bidang Anda. Jenis content ini sangat mendukung tujuan Anda untuk meningkatkan traffic blog dan website.

Cara Menerapkannya

Sebuah link page sering disebut link roundup bentuknya sebuah daftar dari link. Tulislah judul artikel, hyperlink, beri nomor. Selesai.

Yang perlu diingat

Anda dapat menambahkan blurb atau pengantar untuk setiap link yang Anda berikan. Meskipun tidak begitu penting, ini adalah cara yang baik untuk memutar topik atau menambah value untuk diskusi.

  1. Ebook

e-books2

Ebook merupakan jenis content yang dikemas dengan format yang berbeda, dan biasanya berupa PDF.

Ebook adalah produk yang bisa didownload, bisa didownload secara gratis jika memasukkan alamat email.

Memproduksi ebook membantu Anda dalam menguatkan otoritas Anda dalam bidang yang Anda jalani, dan menjadi metode yang dalam berbagi pengetahuan serta wawasan dengan orang lain.

Cara Menerapkannya

Kalau Anda memilih untuk memproduksi ebook, Anda harus memproduksi content yang cukup untuk membuat ebook tersebut worth it untuk didownload karena tujuan Anda juga  untuk meningkatkan traffic blog dan website.

Menulis sebanyak 10.000 words bagus sebagai permulaan dalam memproduksi ebook.

Ebook memiliki bab, pastikan membagi ebook ke dalam beberapa bagian agar mudah diatur.

Yang perlu diingat

Sebuah ebook yang baik memiliki judul yang baik. Luangkan waktu untuk menciptakan judul yang terbaik. Tujuannya adalah agar mendapatkan lebih banyak pembaca.

Desain adalah sebuah kekuatan. Ebook tanpa warna, grafik, dan format yang baik dianggap tidak layak dibaca.

Anda disarankan untuk membuat 2 versi ebook yaitu PDF dan HTML. Versi HTML memungkinkan Anda untuk mengembed video audio, dan sumber lainnya.

Apa Pilihan Anda?

Anda sudah berada di penghujung artikel tentang meningkatkan traffic blog dan website dengan mengetahui serta memahami jenis-jenis content.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tidak semua jenis content itu cocok dengan blog dan website Anda.

Tapi tidak ada salah jika Anda mencobanya. Dengan mencoba Anda akan memperoleh pengalaman baru.

Jadi, jenis content mana yang akan Anda coba terlebih dulu untuk membantu Anda dalam meningkatkan traffic blog dan website?

Baca juga artikel lainnya seperti :

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik tentang pengalaman dalam meningkatkan traffic blog dan website, sampaikan saja ke Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>