Cara Menghilangkan Gangguan dan Meningkatkan Konversi Pada Tampilan Website

Tampilan Website
23 Juni 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sebuah tampilan website mempunyai peran cukup penting dalam meningkatkan konversi. Pengoptimalan konversi dalam sebuah website adalah yang harus dilakukan.

Para digital marketer punyai tugas untuk mengarahkan perhatian dan fokus pengunjung pada langkah berikutnya. Namun, hanya sedikit marketer yang melakukan ini secara efektif.

Tampilan website, halaman arahan/ landing page penuh dengan gangguan, Call to Action (CTA) yang berantakan, dll.

Lalu bagaimana Anda bisa menghilangkan gangguan di website? Bagaimana Anda dapat mengatur perhatian, menjaga dan mengarahkan pengunjung dengan cara yang Anda inginkan? Apa semua ini harus dilakukan dengan meningkatkan tingkat konversi Anda?

Tampilan Website yang Fokus pada Pengunjung

Satu halaman, satu tujuan.

Kami akan menyebut tujuan ini sebagi Anda tindakan yang paling Anda inginkan. Mengapa? Karena ada kemungkinan tindakan / action lain yang Anda harapkan pada pengunjung, tetapi Anda harus fokus pada satu tujuan per page.

Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin pengunjung website Anda pergi ke halaman harga. Namun, juga akan cukup baik jika mereka submit email mereka dan mendaftar untuk newsletter Anda.

Jadi, tindakan apa yang paling ingin Anda inginkan untuk pengunjung? Untuk mengetahuinya, tanyakan pada diri sendiri dua pertanyaan berikut …

  1. Apa tindakan yang Anda ingin pada pengunjung untuk dilakukan?
  2. Tindakan apa yang pengunjung Anda inginkan?

Pertanyaan kedua akan memastikan Anda bersikap realistis. Menggunakan contoh yang sama, pengunjung Anda mungkin belum siap untuk pergi ke halaman harga.

Mungkin mereka belum cukup tahu tentang produk atau mereka belum berani untuk mengambil keputusan berikutnya.

Jadi, membuat “pergi ke halaman harga” tindakan yang paling Anda inginkan, dalam hal ini akan menjadi kesalahan.

Tindakan Anda yang paling ingin harus sederhana, bebas gangguan dan realistis.

Tujuan Anda, sebagai marketer adalah untuk memfokuskan perhatian pengunjung Anda pada tindakan yang paling diinginkan. Di sinilah Anda harus mulai bekerja.

Seorang pesulap mengelola perhatian dengan menarik Anda untuk melihat apa yang mereka ingin Anda lihat.

Begitu mereka memiliki perhatian Anda, mereka dapat menyesuaikan persepsi Anda untuk membuat Anda fokus pada sesuatu atau membuat sesuatu yang tampaknya sangat penting dengan tidak terlalu mencolok.

Seorang digital marketer melakukan hal yang sama. Anda mengelola perhatian pengunjung dengan tampilan website, tidak perlu dengan pengalihan perhatian tapi dengan memfokuskan perhatian.

Bayangkan jika Anda bisa mengelola perhatian seteliti pesulap yang berhasil melakukannya.

Mari kita lihat beberapa contoh. Kali ini, kita akan melihat pricing page (halaman harga) dan bagaimana beberapa website memusatkan perhatian pada tindakan yang paling mereka inginkan.

BuzzSumo

Tampilan Website

Sebenarnya tidak diragukan lagi bahwa tindakan yang paling dicari pengunjung pada BuzzSumo adalah “Start Free Trial” baik untuk Pro plan atau Agency plan.

Kecuali mayoritas pengunjung mereka memiliki anggaran $ 999 bulan, itulah tindakan yang paling buzzsumo inginkan.

Namun pada tampilan website tersebut, dengan membuat Enterprise plan dengan warna oranye yang kontras, para pengunjung akan langsung mengarahkan perhatian untuk itu.

Ketika pertama kali tiba di halaman, kami berfokus pada harga “$ 999″ dan berasumsi plan lain juga mahal.

Seandainya kami menjadi rata-rata pengunjung yang sebenarnya mencari plan free trial, kami mungkin sudah langsung meninggalkan halaman tersebut karena asumsi yang salah.

Desk.com

Tampilan Website

Desk.com memiliki empat pilihan, dua di antaranya secara agresif bersaing untuk menarik perhatian

Pro Plan berlabel “Most Popular .” dan Standard Plan yang berlabel “Limited Time Offer” yang tidak selamanya ada karena sebuah penawaran yang terbatas.  Mana yang harus pengunjung pilih? Pengunjung akan bingung untuk memilihnya.

Upaya untuk fokus pada yang pengunjung inginkan sudah ada, tapi tidaklah cukup berhasil.

Dengan mencoba untuk menarik perhatian pada dua plan di tampilan website, mereka membagi fokus pengunjung. Lebih baik untuk fokus pada satu perhatian.

Unbounce

Tampilan Website

Tiga pilihan, tapi satu yang jelas disorot dan ditandai “Best Value”. Sederhana, manajemen perhatian yang efektif.

15Five

Tampilan Website

15Five memiliki satu plan pada pricing page mereka. Tidak ada pilihan lain. Tidak ada pilihan lain yang bersaing untuk perhatian pengunjung.

Tidak perlu memilih banyak paket, menimbang pilihan Anda atau mendapatkan gangguan oleh daftar fitur lain.

Apakah ini realistis untuk semua orang? Tidak, Anda mungkin memiliki struktur harga yang lebih kompleks, tetapi itu adalah pengingat yang berharga untuk menyederhanakan dan menghapus gangguan sebanyak mungkin pada sebuah tampilan website di pricing page.

Pada masing-masing contoh lain, otak Anda perlu melakukan kerja atau berpikir lebih. Apa fitur yang ada pada setiap plan atau paket? Plan atau paket mana yang terbaik untuk bisnis Anda? Apakah Anda benar-benar membutuhkan semua fitur tersebut? Apakah semua dari plan tersebut memiliki percobaan gratis (free trial)?

Namun untuk tampilan website dari 15Five, otak Anda hanya perlu berpikir untuk membuat satu keputusan: Apakah Anda ingin produk ini atau tidak?

Apa itu Distraksi?

Gangguan atau Distraksi, adalah sesuatu yang mencegah (atau memperlambat) pengunjung Anda untuk mengambil tindakan yang paling Anda dinginkan.

Gangguan bukan hanya tentang berapa banyak produk yang Anda miliki.

Ini bagaimana tata letak pada tampilan website Anda, berapa banyak elemen bersaing desain yang ada yang semuanya dapat menarik perhatian pengunjung.

Aturan sederhana: Semakin dekat Anda bisa closing sebuah penjualan, semakin sedikit hal atau elemen yang harus dimiliki pada tampilan website Anda.

Setelah mereka sampai ke halaman checkout, Anda tidak perlu menambahkan elemen yang tidak langsung berkontribusi pada konversi di tampilan website Anda.

Dalam ResearchXL, gangguan termasuk dalam kategori analisis heuristik. Heuristik adalah seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan suatu penemuan.

Tampilan Website

Pada dasarnya, segala sesuatu yang tidak berkontribusi untuk tindakan Anda yang paling dinginkan adalah pengalih perhatian. Sebagai contoh…

  • Navigasi besar yang mengambil banyak ruang di layar.
  • Font dan warna yang mengganggu.
  • Gambar bergerak.
  • CTA tambahan dengan warna kontras tinggi.

Perhatikan juga bahwa tidak hanya faktor internal yang mengalihkan perhatian pengunjung Anda.

Mereka juga dapat terganggu oleh faktor eksternal (ponsel mereka, lingkungan mereka, media sosial mereka, email mereka).

Tentu saja, mereka juga lebih mungkin terganggu saat mereka bosan. (Itu sebabnya Anda lebih mungkin untuk mendapatkan gangguan ketika mengerjakan laporan pada Jumat malam daripada ketika menonton acara TV favorit Anda.)

Contoh: Enterprise

Untuk menunjukkan bagaimana gangguan umum yang biasanya terjadi , WiderFunnel menganalisis landing page PPC  dari Enterprise , yang juga berfungsi sebagai homepage. Apa yang ditemukan? 12 poin gangguan hanya pada satu halaman.

Tampilan Website

Ada banyak elemen-elemen minor yang bisa menjadi ganggun untuk pengunjung pada tampilan website tersebut, mulai dari navigation bar yang berlebihan, ikonografi yang tidak penting, banyak jenis dan warna font, tekstur background dan yang lainnya.

Perhatikan bagaimana beberapa gangguan minor ini tampak. Gangguan tidak selalu jenis font dan banner yang berjalan pada sebuah tampilan website.

Kemungkinan, Website Anda dapat mendistraksi pengunjung, bisa jadi berawal dari tindakan yang Anda inginkan unutk pengunjung lakukan tanpa Anda sadari.

Pada contoh di atas, mungkin pemilik website berharap pengunjung menerima offer yang banyak ditampilkan di website tersebut. Namun, itu bukan langkah yang bagus untuk meningkatkan konversi secara efektif.

Bagaimana Otak Anda dengan mudah terdistraksi?

Apakah gangguan atau distraksi benar-benar masalah yang besar? Tak satu pun dari situs-situs tersebut tampaknya sangat mengganggu. Chris Goward dari Widerfunnel menjelaskannya.

“Anda bisa berasumsi, otak kita seperti CPU komputer. Kita mungkin berpikir kita cerdas, tapi kita memiliki kekuatan pemrosesan yang terbatas dan setiap ‘aplikasi’ yang kita jalankan dapat menggunakannya dan mengurangi kemampuan kita untuk memproses aplikasi lain (misalnya aliran informasi lain yang masuk).

Prospek Anda tiba di website Anda dengan sebuah pemikiran awal, kekhawatiran, perasaan, pertanyaan, dan pengaruh eksternal. Mereka mencoba untuk memahami apa yang Anda beritahu ke mereka, tapi rentang perhatian mereka menjadi lebih pendek.

Kemudian, mereka tiba di halaman arahan Anda. Setiap elemen desain, grafis, pilihan produk, pertanyaan yang tak terjawab, dll memberi mereka beberapa hal lagi untuk berpikir, mengalokasikan kapasitas yang sebenarnya terbatas. ”

Jadi, betapa sering kita terganggu? Fakta dan angka mungkin mengejutkan Anda.

Pada tahun 2000, rata-rata rentang perhatian manusia di Kanada adalah 12 detik. Pada tahun 2013, jumlahnya turun menjadi 8 detik, yang juga menjadi kedua lebih pendek daripada ikan mas.

Studi lain menemukan bahwa telepon Anda mengalihkan perhatian Anda bahkan ketika Anda tidak menggunakannya .

Jadi, kita bisa memperhatikan sesuatu tidak lebih dari 8 detik pada suatu waktu dan kita bisa terganggu secara rutin ketika seseorang ingin berbicara kepada kita. Dan sekarang juga bertambah dengan notifikasi email, Facebook, orang di kantor, dll.

Jadi, apa pun yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan gangguan pada tampilan website Anda tidak sepenuhnya langsung berdampak pada pengunjung, karena masih ada faktor eksternal lain.

Cara mengidentifikasi poin gangguan

Seperti disebutkan, gangguan berada di bawah analisis heuristik, yang merupakan penilaian berdasarkan pengalaman. Hasil dari tipe analisis ini tidak dijamin untuk menjadi benar, tapi bisa “cukup baik”.

Ini mendekati saat kita menggunakan pendapat untuk pengoptimalan. Tentu saja, itu bukan pendapat yang acak, hal itu terstruktur, evaluasi  dari pengalaman seperti riset.

Berikut adalah cara untuk mengidentifikasi titik-titik gangguan.

  1. Tinjau seluruh website Anda, halaman demi halaman.
  2. Dalam grup, mencari apa saja (desain, copywriting, dll) yang mungkin mengganggu pengunjung dari tindakan yang paling Anda inginkan.
  3. Kumpulkan temuan Anda.

Memperkenalkan: Visual Hierarchy

Gangguan memiliki banyak hubungannya dengan hirarki /susunan visual, yang mengacu pada susunan elemen dengan cara yang menyiratkan sebuah kepentingan. Jadi, misalnya, cobalah urutkan lingkaran di bawah ini.

Tampilan Website Cara Menghilangkan Gangguan  dan Meningkatkan Konversi 7

Biru, hijau, kuning, oranye, kan? Anda akan melihat mana yang lebih besar dahulu, Itu hirarki/susunan visual.

bagian-bagian tertentu dari website Anda lebih penting daripada yang lain, dan mengapa Anda perlu hirarki visual. Itu yang dapat menarik perhatian untuk CTA Anda. Ini sebabnya judul selalu lebih besar dan lebih mencolok daripada subjudul.

Tampilan Website

Lihat kembali susunan visual website Anda, halaman demi halaman. Apa yang paling menarik mata Anda? Apakah elemen yang tepat sudah di bagian atas susunan Anda? Jika ajakan Anda untuk bertindak rendah pada hirarki visual, itu berarti ada terlalu banyak gangguan.

Pertanyaan untuk Diri Anda

Ketika mencoba untuk mengidentifikasi gangguan di tampilan website Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut …

  • Hal apa yang ada di halaman, yang tidak membantu pengunjung mengambil tindakan?
  • Apakah ada elemen tidak penting yang dapat menarik perhatian?
  • Apa elemen yang bisa dihapus tanpa berdampak pada kinerja website?
  • Apakah ada elemen navigasi yang bisa dihapus?
  • Apakah header atas mengambil terlalu banyak ruang pada layar?
  • Apakah ada copywriting yang tidak berhubungan dalam website?

Selanjutnya apa?

Setelah analisis heuristik, Anda telah mengidentifikasi yang disebut dengan “area of interest“. Artinya, Anda telah mengidentifikasi daerah atau area pada tampilan website Anda yang berpotensi menimbulkan gangguan.

Anda bisa lakukan tes pada area-area yang berpotensi menimbulkan gangguan pada tampilan website tersebut,

Dalam rangka untuk memvalidasi analisis heuristik Anda. Anda dapat mencoba.

  1. Menghapus elemen yang mengganggu.
  2. Mengurangi tingkat gangguan yang berhubungan dengan unsur-unsur tersebut.

Tentu saja, gangguan tidak semua berkaitan dengan CTA. Banyak jauga elemen di website yang tidak  mengganggu. Jika mereka relevan, itu tidak masalah.

Misalnya, gambar produk dan Question & Answer pada halaman produk eCommerce merupakan elemen positif karena mereka dapat melayani tindakan yang paling dicari. Bagian “Produk lain yang sedang diskon”, bagaimanapun, mungkin dapat menjadi gangguan.

Kesimpulan

Pertanyaan yang selalu ditanyakan: Apakah ini berkontribusi kepada seseorang untuk mengambil tindakan yang paling dicari?

Optimasi tingkat konversi bukanlah seperti sulap, yang dapat dengan cepat berubah. Tidak bisa instan memang.

Sebenarnya, tugas kita adalah untuk memfokuskan perhatian dengan cara yang menghasilkan lebih banyak konversi.

Berikut adalah cara untuk melakukannya …

  1. Mengidentifikasi tindakan yang paling Anda inginkan.
  2. Melakukan analisis heuristik oleh meninjau seluruh situs Anda, halaman demi halaman.
  3. Dalam grup, mencari sesuatu (desain, copywriting, dll) yang mungkin mengganggu pengunjung dari tindakan yang paling ingin Anda.
  4. Tinjau hirarki/susunan visual Anda. Pindahkan tindakan Anda yang paling ingin ke atas.
  5. Kumpulkan semua temuan Anda untuk mengidentifikasi “area of interest“.
  6. Mulai menguji area tersebut.

Itulah cara menghilangkan gangguan dan meningkatkan konversi pada tampilan website Anda. Jika merasa konversi website belum optimal, Anda bisa melakukan cara-cara di atas.

Anda bisa berbagi pendapat dan pengalaman Anda tentang tampilan website yang dapat mengganggu pengunjung bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>