Cara Memanfaatkan Blog untuk Meningkatkan Strategi Sosial Media Anda

cara memanfaatkan blog
13 Oktober 2016
Bagikan artikel ini

Kali ini kita akan membahas tentang cara memanfaatkan blog yang menjadi salah satu strategi content marketing, untuk meningkatkan strategi sosial media Anda.

Pemasaran konten atau content marketing adalah strategi yang banyak dilakukan oleh para digital marketer.

Anda dapat menganggapnya sebagai suatu strategi yang mencakup berbagai macam media, termasuk posting artikel, video, slideshow, eBook, dan sebagainya.

Namun, sosial media sekarang ini bisa dibilang menjadi media yang paling lengkap dari semua content marketing .

Ketika Anda memposting konten di sosial media, apakah itu asli Anda buat sendiri atau dari sumber yang lain, pada dasarnya Anda sedang menjalankan content marketing.

Dengan kata lain, Anda posting konten di sosial media juga untuk membangun sebuah branding, menghasilkan leads, dan konversi.

Karena tingkat konversi dengan menggunakan content marketing bisa sangat tinggi, akan semakin banyak waktu dan uang yang dipergunakan untuk content marketing.

Bahkan, 39 persen dari anggaran pemasaran dihabiskan untuk content marketing oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis ke bisnis (B2B).”

Business to Business atau B2B adalah bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis, atau bisa juga disebut bisnis antar perusahaan.

Menurut kami, sosial media dan pemasaran konten pada dasarnya hal yang sama. Anda tidak dapat melakukan sosial media marketing tanpa melakukan content marketing.

Sangat penting untuk dimengerti bahwa strategi sosial media tidak bisa terlepas dari strategi content marketing Anda.

Jika dua strategi tersebut dikombinasikan akan sangat bagus. Keduanya akan menjadi lebih efektif ketika digunakan dengan selaras.

Berikut adalah beberapa cara memanfaatkan blog (ini termasuk strategi content marketing) untuk meningkatkan strategi sosial media marketing.

Pilih Platform sosial media yang tepat

Anda bisa lihat statistik berikut ini:

cara memanfaatkan blog

Jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia ada 78 juta pengguna.

Bayangkan jika Anda menggunakan sosial media untuk pemasaran yang pengguna aktifnya ada 78 juta pengguna, itu bisa menjadi peluang yang sangat bagus.

Sekarang ini, platform sosial media yang bisa dipilih telah melimpah, dan juga ada yang baru banyak bermunculan.

Jadi keberhasilan strategi content marketing Anda, sebagian besar akan bergantung pada pemilihan kombinasi yang tepat dari platform atau channel sosial media.

Hal ini untuk memungkinkan Anda secara efektif mencapai demografi target pasar atau konsumen Anda, dan agar posting konten Anda bisa dengan mudah dibaca dan dimengerti oleh mereka.

Berikut adalah grafik penggunaan sosial media di Indonesia dari We are Social.

cara memanfaatkan blog

Kita bisa lihat Facebook menjadi yang teratas sebagai sosial media dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia, dan yang kedua adalah Twitter.

Apakah Facebook menjadi yang paling bagus untuk mendistribusikan konten Anda? Bisa jadi, namun itu bukanlah hal yang mutlak.

Ada faktor lain yaitu target pasar dan jenis bisnis yang Anda jalankan.

Anda bisa mengggunakan Facebook sebagai pilihan Anda jika tidak ingin terlalu repot.

Banyak orang dengan berbagai latar belakang, minat, dan usia yang menggunakan Facebook.

Jadi kemungkinan besar target pasar Anda juga ada di Facebook.

Namun, karena pengguna yang sangat besar, bisa jadi kurang dari 1% dari pengguna aktif tersebut menyukai dan berinteraksi dengan Page Facebook Anda.

Maka dari itu kualitas konten yang Anda buat harus tinggi. Selain itu, Anda bisa menggunakan iklan Facebook juga.

Untuk Twitter, jika website atau bisnis Anda mempunyai target pasar yang berusia muda Anda bisa menggunakannya.

Di satu sisi, pengguna Twitter Indonesia lebih tertarik dengan konten-konten singkat dan bersifat santai.

Di sisi lain, banyak pula pengguna Twitter yang lebih suka dengan link ke website.

Jadi Anda bisa menggunakan konten dengan link ke website yang menuju konten Anda, jika bisnis Anda mempunyai target pasar yang berusia muda

Untuk LinkedIn, jika bisnis Anda adalah B2B Anda bisa menggunakannya. Dengan kata lain, gunakan LinkedIn kalau target pasar anda adalah bisnis, bukan perorangan.

Ini karena LinkedIn dipenuhi oleh para profesional dan bisnis owner.

Cara Memanfaatkan Blog dengan Mendistribusikannya di Sosial Media

Cara memanfaatkan blog selanjutnya adalah mendistribusikannya di sosial media.

Hal yang menakjubkan dari sosial media adalah menyediakan Anda sarana agar konten Anda bisa menyebar dan dilihat oleh banyak orang.

Katakanlah Anda hanya menulis posting blog baru.

Jika Anda hanya klik “Publish” dan berhenti di situ tidak melakukan apa-apa lagi, pembaca setia blog Anda akan melihatnya, namun tidak akan lebih menyebar kecuali Anda adalah seoarang expert atau orang yang sudah ahli dalam topik tertentu.

Tetapi jika Anda mendistribusikan postingan di sosial media, Anda dapat dengan mudah menyebarkan konten Anda pada orang-orang yang lain, menjadi lebih luas penyebarannya.

Semakin banyak sosial media yang digunakan dan semakin besar jumlah follower Anda, lebih banyak eksposur yang akan Anda dapatkan.

Berikut ini contoh cara memanfaatkan blog dari DuniaFitnes, yang posting link artikelnya di Facebook.

Posting tersebut mendapatkan 51 shares dan 230 like.

cara memanfaatkan blog

Mengatur Posting Anda dengan Kalender

Satu hal yang kami pelajari tentang menjalankan content marketing/kampanye sosial media adalah Anda bisa kacau karena terburu-buru untuk memposting suatu konten.

Tanpa perencanaan, Anda akan benar-benar kewalahan, dan itu mungkin akan mengurangi efektivitas kerja Anda.

Jadi bagaimana agar Anda tidak kewalahan?

Sebuah kalender konten akan sangat membantu dan ini bisa menjadi cara terbaik untuk menggabungkan sosial media dengan strategi content marketing.

Tidak hanya akan membuat Anda lebih terorganisir, hal ini juga dapat berkontribusi dan memeberi efek positif pada keseluruhan dari kampanye.

Itu karena bisa lebih transparan dan akuntabel, dan Anda dapat melihat apa yang perlu diposting, kapan konten tersebut diposting dan diposting pada sosial media yang mana.

Ini juga menjamin bahwa Anda tidak mengabaikan sosial media yang lain ketika Anda lebih banyak posting di sosial media lainnya (misalnya, posting tujuh kali seminggu di Facebook dan hanya sekali pada LinkedIn).

Dengan kata lain, hal ini membantu Anda tetap seimbang.

Dalam hal efektivitas menurut Content Marketing Institute, 60 persen dari mereka yang memiliki strategi dokumentasi lebih bagus dalam hal efektivitas konten pemasaran, dibandingkan dengan 32 persen dari mereka yang memiliki strategi verbal.

Hal ini menunjukkan bahwa membuat kalender konten hampir dapat melipatgandakan efektivitas Anda.

Jadi bagaimana Anda membuat kalender konten?

Anda bisa menggunakan spreadsheet, baik melalui Excel atau Google Sheets itu sudah cukup, terutama jika Anda baru memulainya. Berikut ini contohnya:

Tech-Critic-Social-Media-Content-Calendar-e1431612562997

Ada juga banyak aplikasi gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat kalender konten.

Beberapa tool tersebut adalah Google Calendar, Trello, dan Wunderlist.

Ketiganya mudah digunakan dan akan menjaga Anda tetap berada di dalam jalur. Tool-tool tersebut juga dapat digunakan untuk berkolaborasi dengan anggota tim Anda.

Jadwalkan Tulisan Anda

Cara memanfaatkan blog untuk sosial media marketing selanjutnya adalah dengan menjadwalkan posting konten.

Ini adalah cara untuk efisiensi waktu dan memastikan bahwa semua sosial media Anda secara konsisten diisi dengan konten berkualitas.

Sebagai contoh, Anda bisa posting penjadwalan untuk Facebook pada hari senin, hari selasa untuk Twitter, hari rabu untuk LinkedIn, dan lain sebagainya. Hal ini lebih efektif daripada mencoba untuk mengatasi semuanya sekaligus.

Dengan cara ini Anda dapat memastikan akun sosial media Anda dapat memposting dengan baik dan tidak ada yang terabaikan.

Dua tool favorit yang banyak digunakan untuk penjadwalan konten di sosial media adalah HootSuite dan Buffer.

Keduanya adalah tool manajemen sosial media yang memungkinkan Anda untuk penjadwalan dan publikasi konten Anda dari satu platform.

Manfaat tambahannya adalah ada beberapa fitur lain yang akan membantu Anda untuk mengoptimalkan keseluruhan pemasaran sosial media Anda.

Misalnya, Anda dapat:

  • Memantau interaksi follower dengan page Anda
  • Melacak keberhasilan posting Anda
  • Berkolaborasi dengan anggota lain dari tim pemasaran Anda

Memanfaatkan Tombol Sosial Share

Cara memanfaatkan blog untuk sosial media marketing selanjutnya adalah menggunakan tombol sosial share.

Tapi kami perhatikan masih banyak juga yang tidak memanfaatkan keuntungan dari tombol sosial share ini.

Jika Anda belum tahu apa itu tombol sosial share, ini hanyalah ikon sosial media kecil yang bisa Anda lihat di website untuk memungkinkan pengunjung berbagi konten dengan teman-temannya.

Pengunjung cukup klik ikon sosial media tersebut, lalu akan secara otomatis akan berbagi konten jika mereka sudah log in di salah satu platform sosial media yang diklik tersebut.

Berikut ini adalah contoh dari tombolnya:

cara memanfaatkan blog

Dengan menyiapkan tombol share sosial, Anda dapat memaksimalkan perputaran konten yang Anda publikasikan di website/ blog Anda.

Ini seperti memiliki pengunjung website yang mempromosikan konten di sosial media untuk Anda.

Hal yang cukup mudah untuk menginstal tombol sosial share ini, cukup membutuhkan beberapa menit saja.

Jika Anda pengguna WordPress, Anda dapat menemukan banyak tombol sosial share gratis cukup dengan mengetik ” social share” di dalam kotak pencarian “Add Plugins” dari dashboard WordPress Anda.

cara memanfaatkan blog

Dari sana, Anda akan melihat daftar plugin sosial share teratas bersama dengan jumlah masing-masing yang menginstallnya dan ratingnya juga.

cara memanfaatkan blog

Cukup temukan satu yang terlihat mempunyai rating bagus dan kompatibel dengan versi WordPress yang Anda gunakan.

Gunakan Plugin WordPress Social Optimization

WordPress adalah tool yang cukup lengkap bagi Anda yang bergerak pada bisnis digital,banyak plug-in yang tersedia untuk kebutuhan digital marketing Anda tentunya.

Selain memungkinkan Anda untuk menginstal tombol sosial share, ada beberapa plugin WordPress berbeda yang dirancang untuk mengoptimalkan posting Anda untuk sosial media.

Misalnya, WordPress Social Sharing Optimization (WPSSO) ayang memungkinkan Anda untuk:

  • Menghasilkan meta tag sosial
  • Mengkonfigurasi judul dan panjangnya deskripsi
  • Mengkonfigurasi akun sosial untuk skema markup

Meta tag adalah elemen dalam bahasa pemograman (HTML atau XHTML) yang berfungsi sebagai pemberi informasi dari sebuah halaman website.

Tidak hanya untuk website, sekarang ini juga ada yang dinamakan dengan meta tag sosial media.

Meta tag sosial media ini digunakan di sosial media, yang fungsinya jika Anda berbagi link atau artikel Anda di sosial media, maka informasi website Anda akan terlihat jelas.

Ini sangat penting jika Anda ingin website Anda lebih dikenal di sosial media.

Selain wordpress social optimization, plugin yoast SEO juga sudah menggunakan meta tag sosial media.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari sosial media marketing dan content marketing, Anda harus mempunyai mindset bahwa sosial media marketing dan content marketing adalah dua hal yang saling berkaitan.

Itulah berbagai cara memanfaatkan blog untuk meningkatkan strategi sosial media marketing. Jika Anda mempunyai cara memanfaatkan blog untuk strategi sosial media yang lain, Anda bisa berbagi bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.


Bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>