9 Tempat Terbaik untuk Opt-In pada Website agar Mendapatkan Data Customer

12 Januari 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagikan artikel ini :

Jika Anda mengunjungi sebuah situs, pasti Anda pernah melihat halaman awal atau kotak kecil yang berisi tulisan untuk mendapat informasi lebih lanjut, silakan tulis nama Anda serta email.

Itu yang disebut opt-in.

Ternyata email marketing masih menjadi yang terbaik dan paling efektif untuk memasarkan produk dan layanan kepada customer potensial.

Semakin banyak daftar customer yang Anda peroleh, semakin tinggi juga kesempatan Anda untuk menjual produk Anda.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan customer? Cara termudah adalah dengan menambahkan email opt-in formulir di website Anda.

Dalam artikel kali ini akan membahas tentang opt-in email, mulai dari kegunaan sampai 9 tempat terbaik untuk opt-in email pada website untuk mendapatkan daftar customer.

Apa Itu Opt-in Email Marketing?

Opt-in email marketing adalah sebuah strategi marketing di mana sebuah usaha yang membutuhkan izin dari customer yang sukarela berlangganan bahan marketing Anda.

Seperti newsletter, katalog, atau promo-promo melalui email.

Mereka harus mengklik ‘subscribe’ untuk dapat dikirimi email-email tersebut.

Semakin banyak opt-in marketing mail yang Anda kirim, kemungkinan penjualan Anda juga makin banyak bertambah.

Untuk itu, Anda harus membuat list siapa saja yang dapat berlangganan dan masuk dalam opt-in marketing list Anda.

Simak pembahasan berikut, mengenai penempatan opt-in terbaik pada website agar customer potensial mau menukar data pribadi mereka dengan informasi yang Anda tawarkan.

  1. Sidebar

opt 1

Bagian atas sidebar sebuah situs merupakan tempat yang paling umum bagi pemilik situs untuk menempatkan opt-in mereka.

Sidebar dipilih karena terlihat menonjol, dapat menangkap mata pengunjung, dan cukup mudah untuk diterapkan pada kebanyakan situs website.

  1. Feature Box

opt 2

Memiliki feature box dengan isi opt-in email mungkin menjadi ruang yang paling sangat mengkonversi di situs Anda.

Hal ini lebih sulit untuk dilakukan. Karena Anda akan harus mendisain feature box yang sesuai dengan situs Anda.

  1. After Post

opt 3

Menambahkan kotak opt-in setelah postingan Anda dapat menjadi strategi yang sangat efektif.

Jika seseorang telah membaca seluruh isi postingan Anda, bisa dipastikan berarti mereka tertarik pada apa yang Anda tulis.

Ini adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan alamat email mereka dengan opt-in.

  1. Footer

opt 4

Penempatan yang satu ini bekerja dengan prinsip yang sama seperti pt-in setelah postingan Anda.

Seorang pengunjung yang telah scrooling sampai kebagian footer postingan Anda, biasanya sudah tertarik dengan apa yang telah Anda tulis.

Jadi, mengapa tidak menambahkan satu di bagian ini?

  1. About Page

opt 5

Penempatan opt-in pada about page jarang sekali ditemui, bahkan dianggap remeh apakah dapat menarik minat customer atau tidak.

Jangan salah, ternyata menempatkan opt-in pada about page dapat menjadi sangat efektif karena about page merupakan salah satu halaman yang paling sering dikunjungi orang di website Anda.

  1. Header Toolbar

opt 6

Header toolbar dapat menjadi tempat yang tepat untuk menempatkan opt-in.

Mengapa? Karena akan selalu terlihat. Tidak peduli di mana pengunjung berada pada halaman Anda.

Terdapat 2 layanan untuk menambahkan toolbar ini ke situs Anda

  1. Lightbox Popup

opt 7

Beberapa orang tidak menyukai bentuk opt-in ini.

Karena kotak popup akan muncul setelah waktu tertentu di situs untuk meminta alamat email.

Walaupun bersifat mengganggu untuk sementara, mereka masih cukup efektif untuk menjaring customer.

  1. Slide in Popup

opt 8

Bentuk opt-in yang ini mirip dengan lightbox popup, tetapi tidak terlalu mengganggu pengunjung.

Biasanya setelah waktu tertentu, kotak yang semacam slide pada bagian bawah layar Anda akan muncul dan meminta alamat email Anda.

  1. Click to Subscribe

Ada beberapa situs memiliki tombol click to subscribe di website-nya.

Ketika Anda menekan tombol hijau, saat itulah kotak opt-in muncul.

Sementara itu langkah tambahan, daftar email berlangganan dari Anda menjadi lebih berkualitas karena pengunjung memilih untuk klik pada tombol tersebut.

Autoresponder Apa yang Harus Anda Gunakan?

opt 9

Autoresponder adalah sistem yang mengatur pengiriman email kemana, kapan dan kepada siapa secara otomatis.

Biasanya digunakan untuk pengiriman email berseri, dimulai saat ada pengunjung yang mengisi nama dan alamat email pada form yang telah disediakan untuk ‘menangkap data’.

Autoresponder tidak hanya itu saja. Sistem juga memastikan email dengan jumlah ratusan ribu sampai pada penerima dengan baik, bebas resiko layaknya jika dikirim dari server hosting biasa.

Untuk memanfaatkan setiap bentuk opt-in email, pastikan selalu dihubungkan dengan autoresponder.

Contohnya, digitalmarketer.id menggunakan autoresponder dari Infusionsoft.

Bila Anda masih bingung dalam memilih autoresponder yang bagus, klik >>> Memilih Tool Email AutoResponder Terbaik yang Cocok dengan Bisnis Anda <<< untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Memilih penempatan opt-in dan autoresponder akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan banyak data customer, yang kemudian tinggal Anda tindaklanjuti untuk di follow up jika ingin melakukan promosi produk bisnis Anda.

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *