7 Tips untuk Membuat Konten Viral di Media Sosial

21 Januari 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagikan artikel ini :

Konten adalah salah satu bagian penting dalam menjalankan strategi digital marketing.

Kali ini, DigitalMarketer.id akan fokus membahas pada apa yang diperlukan oleh sebuah posting atau konten untuk mencapai satu tujuan, yaitu semakin banyak share di media sosial.

Istilah yang banyak digunakan adalah konten Viral.

Jika Anda ingin posting yang akan menyebar seperti api, Anda harus mempertimbangkan hal berikut saat membuat konten untuk memastikan bahwa postingan Anda akan mendapatkan banyak like di media sosial.

  1. Membuat Konten yang Dapat Menjangkau Semua Orang.

Tujuan pertama Anda dalam menciptakan posting yang memiliki potensi menjadi viral di media sosial adalah untuk membuat konten yang mudah dibaca oleh sebagian besar audience.

Ini berarti konten Anda harus menjangkau segmen pemula, menengah, dan pembaca tingkat lanjutan dalam industri Anda , semua dalam satu posting yang sama!

Headline The Graph Headline

Jika posting Anda berbentuk sebuah tutorial, misalnya, Anda perlu menulisnya dengan cara bahwa seseorang baru mengetahui prosesnya.

Mereka bisa memulai proses tersebut dengan mudah, dengan mengikuti arahan dari konten Anda. Juga, termasuk memberikan tips dan trik pada orang-orang yang sudah tahu prosesnya tetapi belum mempelajarinya.

Konten yang menjadi viral dapat membuat semua orang  terlibat dengan konten tersebut, menyukainya dan, mau untuk menyebarkannya (share).

Cobalah untuk memastikan bahwa konten Anda sebisa mungkin dapat menyentuh dasar nilai atau pengetahuan setiap pembaca.

  1. Pastikan Posting Anda Membahas Topik dengan Lengkap.

Buat konten yang setelah orang membacanya, tujuan mereka berikutnya adalah untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Anda mungkin tidak berpikir berapa banyak share dari konten tersebut , Anda hanya mencari rincian informasi tersebut secara lebih detail.

Oleh karena itu, postingan atau artikel yang jumlahnya sekitar 300 kata tidak dapat bekerja dengan baik.

Artikel tersebut umumnya terlalu sederhana, dan tidak memberikan kepuasan kepada orang yang membacanya. Biasanya, kami di DigitalMarketer.id membuat konten sekitar kurang lebih 900 kata.

Anda bisa membuat konten atau artikel yang berisi sebuah panduan lengkap. contohnya seperti ini:

Screenshot panduan lengkap

Anda ingin untuk menjawab pertanyaan semua orang sebelum mereka bahkan mendapatkan kesempatan untuk menanyakannya.

Website Anda bisa menjadi website yang akan dipikirkan ketika seseorang bertanya tentang suatu topic teretentu. Artikel atau konten Anda bisa menjadi referensi bagi audience.

Jika Anda ingin mencari inspirasi dalam membuat konten, Anda bisa melihat berbagai macam jenis konten di artikel >>> 5 Bentuk Konten yang dapat Menarik Backlink

  1. Tampilkan Konsep Baru, atau Membahas Sesuatu dengan Pandangan yang Berbeda

Mungkin ini adalah hal yang sulit. Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada hal baru yang bisa dibahas. Tapi saya jamin, pasti ada.

Setelah banyak membahas tentang strategi digital marketing pada artikel kami, DigitalMarketer.id membahas sesuatu pada sisi yang berbeda.

Misalnya adalah pada artikel berjudul  7 Hal yang Dilakukan Setiap Hari oleh Para Digital Marketer.

Kami membahas kebiasaan yang dilakukan teman-teman digital marketer tidak hanya tentang strategi digital marketing.

Dari sisi tersebut, kami juga bisa memotivasi teman-teman yang ingin terjun pada dunia digital marketing.

  1. Fokus pada Jaringan yang Anda Targetkan.

Bagaimana jika tujuan Anda adalah bukan untuk menjangkau audienece di banyak media sosial, tetapi untuk menjangkau pada satu media sosial tertentu?

Mungkin Anda hanya ingin ribuan tweet, banyak share, atau hanya untuk mengarahkan backlink ke website Anda atau jaringan yang sama.

Business-Social-Media

Kunci dalam hal ini adalah untuk terus mengikuti tips pertama dan kedua, selanjutnya tulis konten yang menarik untuk Anda tampilkan di media sosial tersebut.

Jika Anda membuat sebuah kontes di mana pemenang didasarkan pada jumlah tweets, maka tugas Anda adalah sederhana, menulis posting yang menarik di Twitter.

Sekali lagi, Anda cukup mengingat poin 1-3 untuk terus Anda jalankan.

Jika Anda memiliki posting yang dapat memberikan informasi yang berguna atu keuntungan bagi banyak orang di Twitter, yang menjangkau banyak orang, unik tau menarik, Anda perlu promosi konten yang tepat.

  1. Buat List Post yang Menarik

Meskipun pasti ada beberapa daftar haters di luar sana, namun jika Anda membuat list mengagumkan, Anda akan mendapatkan banyak share mengagumkan.

Kunci untuk list tersebut, tentu saja, adalah untuk membuat mereka unik dan mencakup banyak informasi berharga yang lain tidak.

Ketika membuat list post, jangan hanya menuliskan “25 tool yang membantu Anda” dan membuat listnya dalam bentuk poin-poin.

Tulis beberapa deskripsi dari tool tersebut, dan juga menyertakan link tool-tool tersebut. Anda bisa melihat contohnya di sini>>> Gunakan 24 Tools ini untuk Menjalankan Bisnis dan Tetap Produktif Di manapun Anda Berada

Screenshot 24 Tool

Itu akan membuat audience merasa bahwa postingan yang Anda buat sangat berguna dan mereka bisa kembali mengunjungi page Anda.

Anda juga bisa membuat status di media sosial misalnya dengan tag di Facebook, atau tweet akun sebuah brand atau orang yang expert dalam bidang topik yang sedang dibahas pada artikel Anda.

Contohnya di twitter seperti berikut ini:

Check out the Top 10 Twitter Apps including @HootSuite @BufferApp @TweetDeck @CoTweet @Bitly http://bit.ly/q5u1Qr

Ini akan mengingatkan individu atau sebuah brand bahwa mereka telah terdaftar sehingga mereka mudah-mudahan akan memberikan beberapa like dari akun media sosial mereka juga.

Ini merupakan keuntungan bagi Anda dan orang lain atau brand tersebut. Hal ini menunjukan bahwa ada yang senang menulis tentang mereka dan dapat diperlihatkan pada para audience mereka.

Juga, untuk website atau diri Anda sendiri mendapat keuntungan karena diperlihatkan pada banyak audience yang mereka miliki.

  1. Buat Website Anda Ramah Berbagi di Media Sosial.

Kunci utama terakhir untuk memiliki posting viral sosial adalah mempublikasikannya di situs yang ramah berbagi di media sosial.

Jika itu adalah situs Anda, Anda harus menambahkan tombol share sosial ke template website Anda, baik melalui Plugin WordPress, add-on seperti  Add This, atau memasukkan tombol individu ke dalam file template blog Anda.

Jika Anda tidak posting konten Anda di situs Anda sendiri, pastikan bahwa situs target Anda memiliki tombol berbagi sosial.

Berikut ini adalah tampilan website yang ramah akan berbagi di media sosial. Sebenarnya Anda juga bisa melihatnya di bagian awal semua artikel DigitalMarketer.id.

social buttton

  1. Format Postingan yang Enak Dilihat.

Terakhir adalah tampilan visual keseluruhan postingan atau artikel blog Anda.

Jika posting Anda adalah salah gumpalan teks besar tanpa header, hal tersebut membuat pembaca tidak nyaman dalam membaca postingan tersebut. Tentu saja, Anda melewatkan kesempatan untuk mendapat sosial share.

theblog layot

Format penulisan seperti panjang kalimat dan panjang paragraf juga harus Anda perhatikan. Orang lebih suka pemenggalan kalimat yang lebih pendek, mudah dibaca, dan mudah dimengerti.

Jika website Anda menampilkan iklan yang terlihat besar maka orang mungkin lebih tertarik pada iklan tersebut daripada isi konten Anda.

Jadi buat halaman artikel atau blog Anda terlihat menarik. Jika Anda ingin tahu tentang desain layout sebuah web Anda bisa melihatnya di sini:

Bahkan jika situs tidak mewah, layot yang bersih dan menekankan pada isi, akan membantu dalam memastikan share sosial lebih untuk konten Anda.

Anda sudah mengetahui 7 tips untuk membuat konten viral di media sosial.

Apakah Anda pernah memiliki konten viral di media sosial? Apakah Ada tips tambahan dari Anda untuk membuat posting yang viral di media sosial?

Anda bisa berbagi bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *