6 Saluran Pemasaran Online untuk Konten Anda

Saluran Pemasaran online
3 Juni 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Membuat konten yang bagus akan sia-sia, jika konten Anda tidak dibaca oleh target audience Anda. Untuk itu Anda perlu saluran pemasaran online.

Biasanya bisnis online menggunakan salah satu dari beberapa taktik promosi untuk mencapai target audience Anda pada berbagai platform.

Sebagian besar platform ini dapat dikelompokkan, dan di sanalah sebuah bisnis mendapatkan saluran pemasaran (marketing funnel). Sebuah taktik promosi kemudian dapat diterapkan untuk sebagian besar platform pada saluran tersebut.

Misalnya, media sosial adalah sebuah saluran pemasaran, yang terdiri dari platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll.

Tergantung pada siapa Anda bertanya, Anda akan mendapatkan jawaban yang berbeda untuk pertanyaan berapa banyak saluran pemasaran.

Jumlah tersebut akan lebih rumit jika Anda mempertimbangkan bahwa ada banyak saluran pemasaran offline juga.

Namun, bagi kebanyakan dari bisnis online, berapa banyak jumlah saluran itu tidak masalah.

Yang penting adalah mempunyai saluran pemasaran online yang paling efektif untuk bisnisnya.

Berikut ini 6 saluran pemasaran online utama yang harus Anda perhatikan untuk bisnis online Anda. Setelah itu, DigitalMarketer.id akan menunjukkan bagaimana mengevaluasi masing-masing saluran pemasaran tersebut untuk menentukan apakah itu layak untuk bisnis Anda.

Kekuatan sebenarnya dari mempelajari saluran pemasaran: Jika Anda ingin belajar hal-hal ini karena Anda menyukai digital marketing, itu hebat. Tapi ada juga alasan praktis yang bagus bagi Anda untuk ingin belajar itu.

Setelah Anda belajar bagaimana mengidentifikasi saluran pemasaran yang terbaik untuk bisnis Anda, Anda dapat mempelajarinya dan menciptakan konten untuk saluran-saluran tertentu.

Dengan menargetkan konten pada audience yang spesifik, Anda akan lebih mungkin untuk membuat sesuatu yang mereka suka dan ingin membaca.

Saluran pemasaran online 1: Search engine (SEO)

Sangat sedikit situs yang tidak akan mendapat keuntungan dari traffic mesin pencari (search engine).

Tidak peduli apa itu industri Anda, beberapa target custimer Anda pasti menggunakan search engine untuk mencari sesuatu.

Namun bukan berarti Anda harus harus menghabiskan seluruh waktu Anda dengan SEO. SEO tidak selalu menjadi saluran pemasaran online terbaik, tapi Anda harus melakukan riset pada yang satu ini.

Apa yang Anda harus dilakukan hanya beberapa penelitian kata kunci dasar. Setelah itu, Anda dapat melakukan beberapa riset kata kunci yang lebih maju dengan sumber daya ini:

Di sini, kami hanya ingin melihat jumlah umum pencarian audiens target Anda tidak setiap bulan.

Untuk itu,  Google Keyword Planner akan bekerja dengan baik.

Mulai dengan memasukkan beberapa kata kunci dengan niche yang luas. Misalnya, seperti di bawah ini:

Saluran Pemasaran online

Lihat beberapa daftar yang muncul, dan lihat berapa banyak volume pencarian kata kunci tersebut (setidaknya ada beberapa ratus per bulan).

Jika Anda tidak tahu di mana untuk memulai mencari kata kunci yang tepat untuk konten Anda, Anda bisa melihat competitor yang ada di niche Anda.

Lalu, masukkan URL mereka pada  keyword planner.

Jika mereka memiliki blog WordPress, Anda biasanya dapat menambahkan “/ feed” di akhir URL blog mereka untuk mendapatkan satu set kata kunci yang lebih lengkap.

Misalnya, alih-alih memasukkan:

https://www.postplanner.com/blog

Anda masukkan url seperti ini:

https://www.postplanner.com/blog/feed

Ini akan memberikan Anda satu set kata kunci yang benar-benar luas, dan Anda dapat memasukkan salah satu dari mereka ke dalam tool keyword planner untuk mendapatkan daftar yang dapat dianalisis.

Saluran Pemasaran online

Saluran pemasaran online 2: Iklan pay-per-click (PPC)

Ketika Anda mengidentifikasi saluran pemasaran, yang pertama kali Anda ingin pastikan adalah apakah saluran tersebut memang benar-benar dapat menjangkau pembaca atau target Audience Anda.

Setelah itu, Anda perlu memutuskan apakah itu cocok untuk bisnis Anda. Semua saluran memiliki kekuatan dan kelemahan mereka.

Misalnya SEO, dapat menyediakan traffic berkualitas tinggi untuk Anda. Kelemahannya adalah sulit untuk mendapatkan traffic berkualitas tersebut, perlu waktu yang lama untuk mendapatkannya, dan menghabiskan waktu dan tenaga pada awalnya.

Di sisi lain iklan PPC, memungkinkan Anda untuk mendorong jenis lalu lintas yang sama (jika Anda menggunakan AdWords) saat pertama kali sebuah konten dipublish. Ada lebih banyak platform juga yang  dapat digunakan seperti Facebook ads, Instagram ads.

Kelemahannya adalah itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan jika Anda tidak memiliki funnel konversi yang bagus, Anda akan berakhir membuang-buang traffic dan menghabiskan biaya.

Kapan Anda menggunakan iklan? Manfaat lain dari PPC adalah bahwa Anda dapat menggunakannya untuk hampir setiap niche.

Jika ada traffic pencarian, Anda dapat beriklan di Google.

Jika yang paling popular ada di media sosial misalnya Facebook, Anda dapat beriklan di sana dengan Facebook ads.

Jika Anda memiliki anggaran promosi konten secara berkelanjutan, beriklan adalah pilihan yang bagus.

Namun, jika Anda belum memiliki saluran penjualan yang solid, bersiaplah untuk kehilangan uang.

6 Saluran Pemasaran online untuk Konten Anda 3

waktu Anda sebagian besar harus dialokasikan untuk mengoptimalkan iklan dan tingkat konversi konten Anda (pembaca menjadi email subscriber). Dari sana, Anda harus menentukan cara terbaik untuk menjual kepada subscribers tersebut.

Saluran pemasaran online 3: Anda tidak harus selalu bersaing dengan blog lain

Jika Anda memulai sebuah blog, pasti ada blog lain yang mirip dengan blog yang Anda buat.

Jika tidak, mungkin tidak banyak customer potensial membaca blog di niche tersebut, dan Anda membuang-buang waktu Anda. Satu-satunya pengecualian adalah jika Anda menulis tentang topik yang sangat baru dan baru saja mulai berkembang.

Blog-blog lain ini biasanya dilihat sebagai kompetisi, tetapi tidak harus berkompetisi.

Seorang pembaca bukanlah aset 1 blog. Seorang pembaca dapat mengikuti dan membaca beberapa blog.

Jika Anda memberikan pemilik blog sebuah keuntungan, Anda juga bisa untung dengan mendapatkan pembaca blog lain tersebut.

Bagaimana caranya?

Caranya adalah:

  • Guest posting – dengan menulis di blog orang lain, Anda akan memberi keuntungan yaitu konten gratis untuk pemilik blog tersebut. Pastinya, Anda perlu memastikan bahwa konten yang Anda tulis mempunyai kualitas yang baik dan layak untuk dipublish. Tidak semua blog mempunyai Guest posting, tapi banyak juga yang menggunakan guest posting.
  • Konten bersama – Lumayan banyak juga yang membuat konten bersama dalam satu niche. Biasanya beberapa dari blogger mendapatkan publikasi, dan sang pemilik blog mendapatkan bantuan dengan konten bersama tersebut.
  • Pesan Sponsor – Anda dapat menghubungi seorang blogger dan menawarkan untuk mensponsori pos. Ini biasanya melibatkan beberapa menyebutkan secara alami seluruh posting.
  • Joint venture – Anda bahkan dapat terlibat dengan produk dijual oleh blog atau website lain dan membantu meningkatkan kualitasnya. Customer mereka akan melihat Anda dengan baik, dan banyak orang bisa menjadi pengikut Anda karena hal tersebut.

Untuk saat ini, Anda bisa menemukan blog yang berada sama dengan niche Anda.

Hal ini cukup mudah. Mulailah dengan Googling misalnya kata seperti berikut ini.

6 Saluran Pemasaran online untuk Konten Anda 4

Anda mungkin akan menemukan setidaknya beberapa hasil, menampilkan daftar beberapa blog di niche Anda.

Catat di suatu tempat.

Anda juga dapat menggunakan ke Alltop , menemukan niche Anda di menu bar, dan kemudian menuliskan blog yang muncul:

Saluran Pemasaran online

Traffic adalah raja: Tidak ada gunanya melakukan guest posting di website dengan traffic yang sangat sedikit. Bahkan jika posting Anda begus, Anda hanya akan mendapatkan sedikit pembaca saja.

Langkah berikutnya adalah untuk memperkirakan tingkat traffic dari setiap website yang akan menjadi saluran pemasaran online Anda.

Kunjungi setiap situs, dan cari:

  • Jumlah rata-rata komentar pada setiap posting
  • Jumlah rata-rata share di media sosial
  • Seberapa baik desain website tersbut
  • Apakah jumlah pelanggan terdaftar di mana saja

Sulit untuk mengetahui apakah sebuah situs memiliki banyak lalu lintas, tetapi jika itu mendapatkan 5 + komentar atau 100 + saham sosial pada setiap posting, itu cukup untuk mempertimbangkan bermitra dengan.

Menyaring semua situs lalu lintas rendah. Jika Anda masih memiliki 20 + situs meninggalkan berpotensi bekerja dengan, maka blog ini adalah saluran lain Anda dapat menargetkan.

Saluran pemasaran online 4: Media Sosial

Anda bisa sangat berhasil atau sama sekali gagal, jika memasarkan konten Anda di media sosial.

Beberapa niche popular seperti makanan, travelling, hiburan sangat tinggi share nya di media sosial.

Untuk menggunakan media sosial secara efektif, Anda membutuhkan ekstra follower dan pembaca yang bisa didapatkan dari “like” dan “share.”

Itu sebabnya Anda tidak melihat banyak perusahaan kertas atau bisnis percetakan bisa sangat sukses di media sosial. Ini benar-benar sulit untuk membuat konten yang dapat dibagikan niche tersebut.

Untuk melihat apakah layak untuk niche Anda, Anda dapat menggunakan Buzzsumo. Tidak hanya akan menampilkan jika niche Anda populer di media sosial, tetapi juga akan memberitahu media sosial mana yang bisa menjadi fokus Anda.

Ketik niche Anda pada kotak paling atas. Jika hasilnya tampak tidak relevan, menambahkan tanda kutip pada kata kunci:

6 Saluran Pemasaran online untuk Konten Anda 6

Selain kata kunci inti, disarankan juga untuk mengetik kata kunci lain yang masih berkaitan untuk mendapat lebih banyak data.

Yang Anda cari adalah dua hal ini:

  1. Apakah konten dalam niche saya layak untuk dibagikan (shareable)? – Jika ada beberapa konten dengan lebih dari 1.000 share, bisa dikatakan bahwa niche Anda adalah layak ada di media sosial.
  2. Media sosial mana yang paling populer? – Anda mungkin akan melihat ada satu atau dua platform media sosial yang menghasilkan 90% share. Dalam kasus di atas, Twitter adalah sumber yang dominan, diikuti jauh di belakangnya yaitu Facebook dan LinkedIn.

Meskipun mungkin ada beberapa fluktuasi, Anda akan melihat bahwa ada pola ketika datang ke media sosial yang paling populer. jika Anda memilih untuk menggunakan media sosial ,Anda akan fokus pada media sosial mana yang paling populer.

Saluran pemasaran online 5: Forum

Forum telah eksis sejak awal internet dan terus memainkan peran besar dalam kehidupan online sebagian besar pengguna. Forum adalah tulang punggung dari internet.

Anda bisa melihat website forum besar di Indonesia contohnya adalah kaskus

Sementara mendapatkan pembaca dari forum tidak terlalu efektif untuk sebuah blog yang sudah eksis lumayan lam, namun itu bisa sangat efektif bila blog Anda masih baru dan Anda membutuhkan audience untuk konten Anda.

Setelah itu bebas, selain waktu yang Anda investasikan untuk saluran pemasran online tersebut.

Di sini, Anda perlu mencari tahu apakah ada forum populer. Untuk melakukannya, cari di Google dengan format ” forum + (niche).”

Anda membutuhkan minimal satu forum yang sangat aktif. Anda ingin melihat 100 + pengguna hari membuat posting baru.

Periksa pada beberapa hasil di halaman pertama, dan lihat apakah ada yang memenuhi kriteria tersebut.

Saluran Pemasaran online

Anda biasanya dapat scroll ke bagian bawah forum untuk melihat seberapa bagus dan banyak yang terlibat pada forum tersebut.

Untuk contoh di atas, ternyata tidak ada forum content marketing yang memenuhi kriteria.

Jika Anda mengalami kasus seperti ini, Anda memiliki pilihan untuk memperluas ruang lingkup Anda (misalnya mencari ” forum digital marketing”), tapi biasanya lebih baik untuk mencari saluran pemasaran online yang lain.

Saluran # 6: situs Q & A (question & answer)

Beberapa pertanyaan kelompok kekuatan dan jawaban (Q & A) situs dengan situs media sosial, tapi saya pikir mereka cukup khas untuk menjamin bagian mereka sendiri.

Situs Q & A terbesar adalah Quora dan Yahoo Answers.

Sama seperti forum, saluran ini tidak terlalu efektif, tetapi dapat mendorong jumalah traffic yang cukup bagus ke blog Anda (jika Anda menyertakan link website Anda dalam jawaban).

Satu bonusnya adalah jawaban Anda akan mendapat peringkat yang baik di Google untuk pencarian dengan long tail keyword (biasanya berbentuk pertanyaan), yang akan mengirimkan traffic konsisten nantinya.

Akses website Quora, dan mulai mengetik niche Anda ke dalam kotak pencarian. Cari topik yang persis sama seperti milik Anda atau mendekat topik tersebut itu (lalu klik):

6 Saluran Pemasaran online untuk Konten Anda 8

Quora menyediakan statistik follower di setiap halaman topik di sebelah kanan. Jika topik memiliki jumlah pengikut (katakanlah 20.000), itu cukup aktif, Anda bisa fokus pada topik tersebut sebagai saluran pemasaran:

6 Saluran Pemasaran online untuk Konten Anda 9

Di atas adalah salah satu contohnya menggunakan Quora untuk pemasaran .

Kesimpulan

Sekarang Anda telah memiliki pemahaman yang baik untuk menentukan apakah Anda bisa efektif menggunakan sebuah saluran pemasaran online, kini saatnya membuat keputusan.

Lihatlah setiap saluran, dan pertama putuskan apakah audience Anda menggunakan saluran tersebut.

Kemudian, mempertimbangkan popularitas dari masing-masing saluran, anggaran, tujuan Anda, dan menentukan 1-3 saluran teratas.

Anda tidak ingin mencoba untuk menargetkan terlalu banyak saluran sekaligus. Sebaliknya, fokus pada satu atau dua, dan menempatkan semua sumber daya yang Anda punya untuk menggunakan saluran tersbut secara efektif.

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan saluran pemasaran untuk konten Anda? Anda bisa berbagi pengalaman dan pendapat Anda bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>