6 Cara Jitu Mempromosikan Ebook Melalui Jejaring Sosial

6 CARA JITU MEMPROMOSIKAN EBOOK MELALUI JEJARING SOSIAL
4 Desember 2015
Bagikan artikel ini
  • 1
  •  
  •  
  • 9
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

Bagikan artikel ini :

Teknologi sudah semakin canggih, sekarang banyak kegiatan yang dapat dilakukan melalui digital online.

Salah satu contoh yang sedang booming dan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital online adalah ebook.

Apa itu ebook? Ebook merupakan suatu bentuk new media yang berisi penggalan-penggalan hasil tulisan atau karya seseorang dalam bentuk digital. Sekarang semakin mudah untuk mengakses ebook karena lewat gadget pun sudah bisa.

Ebook bisa dibuat dengan Microsoft Word atau Power Point yang diubah ke dalam bentuk PDF dan kemudian disebarkan. Ada ebook yang bisa diakses secara gratis tetapi banyak juga yang mengolah ebook menjadi sumber penghasilan, tergantung tujuan dari pembuatnya.

Berbicara soal ebook, apakah Anda memiliki ebook yang menarik?

Mau mendapatkan tips untuk mempromosikan ebook Anda?

Artikel ini akan membahas 6 cara jitu untukmempromosikan ebook Anda di media sosial.


ebook

Mengapa eBook?

Tujuan dari sebuah ebook adalah untuk menangkap lead. Anda dapat membuat ebook dengan mengubah konten yang sangat bernilai dan tidak dapat ditemukan dalam pencarian online sederhana.

Setengah dari pemasaran konten dengan ebook adalah tahap penciptaan, setengah lainnya adalah mempromosikan ebook Anda untuk meningkatkan ROI.

Sekedar info, ebook dapat dijadikan lead magnet jika Anda memiliki produk yang hendak ditawarkan dan disesuaikan dengan target Anda. Tapi sebelum itu, pastikan bahwa Anda memiliki Landing Page untuk mendapatkan data calon konsumen (nama dan email) yang terintegrasi dengan Autoresponder.

Berikut ini adalah cara untuk mempromosikan ebook Anda di media sosial untuk menghasilkan lead.

1. Membuat Teasers Sosial

Langkah awal ini disebut teasers karena memang tujuannya adalah menggoda audiens Anda dengan potongan dari ebook, dan mungkin Anda akan berkeinginan lebih untuk menciptakan buzz di sekitar konten Anda promosikan.

Memposting sebuah gambar menarik dari ebook, pendapat atau kutipan stand-out untuk menarik perhatian audiens Anda sehingga mereka ingin meng-klik konten Anda.

Bisa juga menggunakan hashtag populer yang relevan dengan konten ebook Anda dalam posting Anda.

Anda bisa melakukan posting di Facebook Anda dan mengharapkan audiens melakukan like, comment, dan share dari teasers ebook sebelum launching. Tujuannya adalah engagement.

Anda bisa mengetahui lebih lanjut mengenai customer engagement di artikel >> CUSTOMER ENGAGEMENT BUAT GRUP FACEBOOK EKSKLUSIF DAN KELOLA DENGAN TEPAT. Karena Facebook mempunyai sistem penilaian jika orang semakin sering berinteraksi dengan akun Facebook Anda, maka postingan yang Anda buat akan diprioritaskan di timeline pengguna lain.

Jadi, saat Anda memberikan link ebook maka orang tersebut akan dapat melihatnya di timeline mereka.

2. Pin Tweet

Fitur Pin yang ada di Twitter masih sedikit diketahui, namun efektif. Taktik ini akan memberikan Anda keleluasaan untuk men-pin tweet ke atas dari feed Anda.

Dengan demikian, tweet yang diselipkan akan selalu menjadi post pertama yang dilihat pengunjung Anda.

Temukan atau ciptakan tweet yang Anda inginkan untuk Pin yang akan menyorot ebook Anda. Kemudian klik kanan pada ikon opsi lanjut dan pilih Pin ke halaman profil.

3. Desain Banner Sosial

Banner dan cover bisa langsung menarik perhatian ketika seseorang ketika mengunjungi halaman sosial Anda, mereka dapat sangat membantu untuk mempromosikan ebook Anda.

Misalnya dengan membuat cover foto untuk Facebook dan Twitter yang mempromosikan ebook Anda. Meskipun tidak ada cara untuk mengaktifkan link yang dapat diklik kembali ke konten ebook, hal ini masih layak untuk diterapkan.

Dimensi untuk cover Facebook adalah 851 x 315 piksel sedangkan cover Twitter 1500 x 421 piksel. Anda bisa mencoba salah satu tools di sini, atau ingin tahu bagaimana cara men-design sendiri, bisa langsung klik >> BAGAIMANA CARA MENDESAIN GAMBAR FACEBOOK AD SELAYAKNYA PROFESIONAL

4. Pengaruh Influencer

Influencer merupakan orang-orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial. Bukan hanya itu, apapun yang mereka post atau update selalu menarik bahkan ada yang menginspirasi pengikutnya di jejaring sosial.

Mereka benar-benar dapat membantu mempercepat strategi promosi Anda. Jelajahi platform seperti BuzzSumo untuk menemukan influencer dalam industri Anda. Kemudian lakukan kontak dengan mereka untuk melihat apakah mereka akan menyebarkan konten Anda.

darren rowse tweet promoting jeff goins ebook

Jika Anda susah payah untuk menemukan influencer untuk menyebarkan konten dari situs Anda, tanyakan apakah mereka terbuka jika Anda membuat  posting di situs mereka yang berkaitan dengan ebook Anda, dan memuat link ke dalam artikel Anda.

Jika mereka setuju maka Anda akan medapatkan keuntungan lainnya, yaitu traffic dari mereka.

5. Posting di Komunitas

Tahukah Anda kalau Google+, LinkedIn, Slideshare dan Facebook Group merupakan rumah bagi berbagai komunitas yang berbeda di mana para marketer membahas tren terbaru.

Setelah Anda bergabung dengan komunitas, luangkan waktu untuk mengenal anggota lain sebelum Anda mulai mempromosikan ebook Anda. Mengambil bagian dalam diskusi, berikan like dan komentar diposting mereka untuk membangun hubungan jangka panjang.

Lihatlah direktori grup di LinkedIn untuk menemukan kelompok yang relevan untuk industri Anda. Atau, Anda membuat grup sendiri dan berbicara tentang isi ebook Anda kepada audiens yang tertarik.

linkedin group ebook post

Di Google+ Anda akan menemukan ratusan komunitas untuk bergabung. Platform Google+ membuatnya sangat mudah untuk mempromosikan konten dengan pilihan untuk menyertakan link, gambar dan video dalam posting Anda.

6. Membayar untuk Melakukan Iklan

Untuk menjamin ebook Anda agar mendapat perhatian di depan audiens yang benar-benar tertarik dengan konten Anda, coba pertimbangkan untuk membayar posting yang disponsori alias diiklankan.

Postingan Anda akan muncul di news feed dan sidebars pada Facebook. Anda dapat meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak klik jika menggunakan cara ini.

Pastikan iklan Anda mengundang pengguna untuk mengklik pada postingan Anda. Pilih gambar menarik dari ebook dan termasuk potongan salinan persuasif. Anda dapat melihat contoh iklan di sini.

contoh iklan fb

Platform seperti Facebook dan Twitter memungkinkan secara finansial bagi setiap bisnis untuk mempromosikan konten mereka. Anda tidak perlu anggaran yang besar untuk kampanye iklan Anda. Bahkan investasi kecil iklan akan meningkatkan jumlah download ebook untuk audiens Anda.

Kembali pada Anda

Ebook merupakan cara yang mengagumkan untuk stand-out dengan menampilkan keahlian Anda, dan dapat menjadikannya sebagai lead magnet. Menerapkan tips-tips untuk meningkatkan jumlah customer yang men-download ebook Anda.

Nah, setelah membahas mengenai 6 cara jitu ini, sekarang giliran Anda untuk membuat keputusan, Anda tertarik mencobanya?

DigitalMarketer.id juga akan sangat senang jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  • 1
  •  
  •  
  • 9
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>