5 Do & Don’t! Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Keyword untuk SEO

SEO-FOR-Small-Business
18 Februari 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Seseorang yang terjun dalam dunia digital perlu membuat sebuah website untuk mengembangkan bisnisnya.

Tujuan membuat web adalah pengenalan produk atau jasa yang lebih mendalam.

Bukan hanya itu, di dalam web juga bisa disertakan penjelasan singkat mengenai latar belakang perusahaan yang akan memudahkan pengunjung atau customer untuk mengingat brand perusahaan Anda.

Satu hal yang pasti, web sangat berhubungan erat dengan keyword dan SEO (Search Engine Optimization).

Ketika customer yang potensial mencari sesuatu di Google, Anda pasti berkeinginan untuk membuat web Anda masuk dalam deretan 3 teratas dari hasil pencarian Google.

Bagaimana caranya?

Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Mari disimak.

Bagaimana Search Engines Bekerja

SEO feature image

Sebelum kita menggali lebih dalam soal hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dari keyword dan SEO, penting untuk memahami bagaimana mesin pencari menampilkan hasil.

Google, Bing dan mesin pencari lainnya menggunakan software – sering disebut sebagai “spiders ” – untuk menjelajah dan mengindeks Internet.

Spiders ini terus-menerus meninjau informasi dan peringkat terhadap konten yang serupa dengan keyword berdasarkan relevansi dan popularitas.

Misalnya, Anda memiliki sebuah blog makanan.

Anda berencana untuk memposting resep terbaik untuk blueberry pancake dengan maple mentega.

Ketika Anda mempublikasikannya di blog Anda, spiders Google akan mengindeks postingan Anda berdasarkan keyword yang relevan: blueberry, pancake, maple, mentega, resep, dll.

blueberry-pancake-recipe-Google-Search-2015-03-04-12-54-41-2015-03-04-12-54-54

Ketika seseorang mencari “resep blueberry pancake,” Google secara otomatis akan mengetahui bahwa blog Anda relevan dengan istilah pencarian dan menampilkannya ke dalam hasil pencarian.

SEO membantu Anda pindah ke bagian atas dari hasil pencarian.

Inti dari SEO

SEO tidaklah rumit. Tentu, beberapa orang akan mencoba untuk mengesankan Anda dengan trik baru untuk perubahan algoritma terbaru untuk Google.

Tapi Anda tidak perlu seorang ahli untuk mengoptimalkan web Anda.

Beberapa strategi sederhana akan membuat Anda 98% sedang dalam perjalanan untuk mengoptimalkan web Anda.

Jika Anda sangat kompetitif (dan memiliki banyak waktu di tangan Anda) beberapa strategi SEO yang bermutu tinggi dapat membantu.

Untuk sebagian besar dari Anda – terutama jika Anda baru memulai untuk optimasi – yang terbaik sekarang ini adalah berpegangan dengan basic.

SEO memiliki 2 prinsip strategis:

  1. Memilih keyword yang terbaik. Apa pelanggan potensial Anda mencari?
  2. Menandakan mesin pencari. Membantu Google menghubungkan website Anda untuk kata kunci tersebut.

Perhatikan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di bawah untuk memilih keyword yang terbaik untuk situs Anda.

  1. Do! Pengecekan Terhadap Kompetitor

check kompetitor

Kunjungi 3 top kompetitor Anda pada hasil pencarian dan kunjungi situs Web mereka.

Baca landing page dan postingan blog mereka Topik apa yang mereka fokuskan? Keyword apa yang Anda lihat berulangkali?

Lakukan pencarian Google untuk keyword tersebut.

Apakah situs web mereka muncul pada halaman pertama dihasil pencarian?

Bagaimana situs web Anda? Jika Anda berdua peringkat tinggi dalam pencarian keyword tertentu, itu bisa menjadi kesempatan untuk mencuri beberapa pangsa pasar.

  1. Do! Riset Keyword

research

Riset keyword akan menempatkan Anda di jalur yang benar untuk mengoptimalkan website Anda.

Jika Anda memilih keyword yang salah, Anda tidak akan dapat menghubungkan customer potensial dengan brand Anda.

Buatlah daftar topik yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Anda dapat memulainya dari topik yang umum serta sering digunakan pada blog.

Misalnya, untuk blog makanan, Anda bisa membahas tentang resep, koki selebriti dan aksesoris dapur.

Gunakan topik yang Anda pilih untuk kemudian lakukan brainstorming tentang keyword tertentu.

Tuliskan daftar panjang, seperti kata yang potensial dan frase untuk digunakan.

Beberapa istilah pencarian terkait dengan resep mungkin termasuk: “resep dinner cepat untuk dua orang,” “makanan 5 menit” dan “resep sehat untuk anak-anak” Tuliskan semua yang Anda pikirkan.

Anda dapat mengurangi daftarnya nanti.

  1. Don’t! Menggunakan Keyword yang Sudah Umum

The-Keyword-Challenge

Pilihlah frasa untuk kata-kata. Ingat, keyword tidak harus hanya satu kata.

Peringkat tinggi dalam hasil pencarian untuk “makanan” akan menjadi perjuangan yang berat karena begitu kompetitif.

Ada banyak blog makanan. Sebaliknya, fokus pada ungkapan-ungkapan “resep mudah dan cepat untuk dinner.”

Carilah istilah pencarian yang terkait. Lalu carilah satu keyword yang Anda gunakan di Google.

Scroll sampai ke bagian bawah page untuk melihat penelusuran yang terkait. Kemudian tambahkan mereka ke daftar keyword Anda.

related-searches-blueberry-pancake-recipe-Google-Search-2015-03-04-12-56-01-2015-03-04-12-56-03

  1. Don’t! Lewatkan Peluang Lokal

The new opportunity on new city

Gunakan keyword untuk kawasan khusus agar Google tahu di mana bisnis Anda berada dan membantu customer potensial di daerah Anda menemukan Anda.

Menambahkan kota dan negara untuk pilihan keyword Anda. Sertakan daftar alamat fisik Anda guna membantu Google untuk mengetahui bahwa Anda melayani pasar lokal.

  1. Don’t! Mengandalkan Intuisi Anda

dont

Lakukan pengujian terhadap keyword pilihan Anda. Google Adwords Keyword Planner akan membantu Anda mempersempit daftar Anda berdasarkan data kuantitatif.

Jika Anda ingin mendapat customer dengan cepat, periksa Google Trends.

Aplikasi ini akan menampilkan keyword yang populer dan membantu Anda untuk naik ke gelombang awal yang bertujuan meningkatkan traffic website Anda.

banner-FB-tanpa-link-CTA

Langsung Praktikkan!

Setelah Anda membaca artikel ini sampai bagian akhir, artinya Anda sudah siap untuk langsung mempraktikkannya di website Anda.

Seperti yang dikatakan pada bagian awal artikel, ternyata SEO itu mudah. Namun bukan berarti Anda dapat meremehkannya juga. Karena jika Anda tidak memahami keyword dan SEO dari dasar, bisa jadi Anda akan menghadapi kendala dalam mempraktikkan materi dari artikel ini.

So, kuncinya adalah baca, ketahui, pahami, praktikkan! Jika mengalami kegagalan, coba dan coba lagi. Bukan hanya itu, Anda tidak perlu ragu jika ingin bertanya kepada orang yang lebih mengerti tentang hal ini. Mereka pasti akan membantu Anda!

Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang SEO >>> 4 Teknik Optimasi SEO untuk Meningkatkan Traffic Website Anda <<<

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>