5 Cara untuk Membuat Bisnis Anda Lebih Efisien

Membuat bisnis Anda lebih Efisien
20 November 2017
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagikan artikel ini :

Bisnis itu diibaratkan seperti pesawat yang mau tidak mau harus bekerja setiap waktu. Lalu, apa cara Anda untuk membuat bisnis Anda lebih efisien?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa bisnis bisa diibaratkan seperti pesawat terbang yang harus bekerja setiap waktu.

Ketika bekerja, sudah pasti ada saatnya pesawat itu menanjak, mulai terbang dan pada akhirnya mendarat pada suatu target. Untuk selanjutnya, pesawat tersebut akan kembali terbang dengan proses yang sama menuju target selanjutnya.

Sayangnya, inefesiensi (ketidakefesienan) yang umumnya terjadi di dunia bisnis baru-baru ini. Menurut survei, inefesiensi dapat menelan biaya setidaknya 30% dari pendapatan Anda setiap tahunnya.

Sangat disayangkan bukan?

Artikel ini akan membahas bagaimana langkah-langkah untuk setidaknya bisa menghindari ketidakfisiensian.

Selamat membaca.

Cara untuk membuat bisnis Anda lebih efisien akan dibahas pada artikel ini.

1. Mulailah dengan serius dan fokus

 focus

Sebelum Anda memutuskan untuk bertindak dan mengubah sesuatu yang ada pada bisnis, Anda harus belajar tentang bagaimana untuk mengidentifikasi secara akurat mengenai hal apa saja yang dianggap tidak efisien.

Setelah Anda mengidentifikasi masalahnya, cobalah Anda untuk mencari akar permasalahannya.

Untuk selengkapnya baca ini : 7 Inefisiensi pada Proses Bisnis

Setelah Anda tahu akar masalah inefisiensi tersebut, kini saatnya Anda memutuskan untuk melakukan perubahan pada sistem kerja perusahaan Anda.

Lebih cepat lebih baik karena terkait dengan pendapatan Anda yang akan berkurang banyak jika masalah inefisiensi terus terjadi pada bisnis Anda.

Sebaiknya, Anda tetap waspada dan mempersiapkan solusi yang lainnya. Bisa jadi sistem baru yang sudah Anda terapkan pada bisnis Anda, tidak bekerja pada satu bagian yang lainnya.

Memang, bukan hal mudah untuk membuat bisnis Anda lebih efisien. Namun, akan lebih baik jika Anda perbaiki dari sekarang sebelum semuanya terlanjur berlarut-larut.

2. Demokratisasi Bisnis

 Data-Democratization-1

Maksud dari point ini adalah seperti halnya sistem demokrasi, yaitu dengan mengutamakan hak dan kewajiban serta keadilan untuk setiap orang.

Proses demokrasi pada sebuah perusahaan tidaklah berhubungan dengan keputusan referendum. Akan tetapi lebih memanfaatkan energi dan kreatifvitas perusahaan.

Selengkapnya baca ini : Demokratisasi dalam Perusahaan

Sebuah studi dari Aberdeen Group mengungkapkan bahwa sebuah organisasi perusahaan yang menggunakan sistem demokratisasi memiliki tingkat retensi pelanggan sebanyak 30% dan pendapatannya meningkat sekitar 55%.

Salah satu pengusaha yang menerapkan demokratisasi pada bisnisnya adalah Sergey Petrossov, selaku CEO dari Jetsmarter.

Sebelumnya, customer  Jetsmarter  harus  menjadwalkan penerbangan atau perjalanan mereka melalui agen.

Lalu, Petrossov berinisiatif untuk mendemokratisasikan pasar dengan membiarkan pelanggan menjadwalkan penerbangan sendiri melalui aplikasi pada telepon.

Tindakan tunggal itu mempercepat proses dan juga membebaskan agen Jetsmarter untuk menangani tugas lainnya.

Dan hasilnya, customer yang menjadwalkan penerbangan dan perjalanan mereka dapat meningkat.

3. Menjelajahi integrasi digital

 integrity word cloud on digital tablet

Cara selanjutnya untuk membuat bisnis Anda lebih efisien adalah dengan metode penjelajahan integrasi digital.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, perkembangan digital di dunia bisnis sudah semakin maju dan bermacam-macam.

Cobalah untuk menganalisis sistem atau keadaan perusahaan yang Anda rasa tidak efektif dan efisien dengan cara menjelajahi integritas digital.

Selain Anda belajar sebuah sistem baru, Anda juga akan mendapat pengalaman baru tentang serunya belajar hal baru.

Menurut Gartner, ketidakefektifan integrasi digital akan menyebabkan bisnis kehilangan peringkat kompetitif sebesar 25%.

Integrasi solusi digital yang benar dapat meningkatkan efisiensi dengan berbagai cara. Seperti yang diperlihatkan oleh Jetsmarter, teknologi dapat mengotomatisasi tugas yang memakan banyak waktu.

Komunikasi yang lebih cepat dan mudah adalah hasil integrasi digital yang konsisten. Laporan dibuat dan dibagikan dengan lebih cepat, masalah akan segera teratasi, dan karyawan dapat berkolaborasi dengan lebih mudah satu sama lain dan juga pelanggan Anda.Integrasi digital menyeluruh benar-benar harus dimiliki untuk meningkatkan efisiensi.

4. Membangun komunitas

 Group

Membangun sebuah komunitas adalah salah satu usaha untuk membuat bisnis Anda lebih efisien.

Bisa jadi, Anda perlu mendorong audience Anda untuk membuat sebuah forum atau sebuah kelompok khusus konsumen produk Anda.

Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan ruang komunikasi antar perusahaan dengan konsumen, maupun sesama konsumen.

Dengan begitu, para konsumen akan lebih mudah untuk menyampaikan pendapat mereka terhadap produk Anda.

Dari situ sebuah pembicaraan bisa menjadi sebuah diskusi panjang yang memungkinkan untuk menemukan sebuah ide atau konsep baru.

Anda juga bisa langsung tahu apa kekurangan dari bisnis Anda dari konsumen Anda sendiri. Bukankah itu baik?

Artinya, Anda mendapatkan masukan dari sekelompok individu yang sudah pernah merasakan produk Anda sebelumnya. Anda juga bisa mempertimbangkan antara keluhan dan kepuasan pelanggan Anda dalam diskusi tersebut.

Selain itu, konsumen akan merasa lebih dihargai ketika mendapat jawaban atau respon dari Anda atas pertanyaan mereka.

Akan tetapi, membangun sebuah komunitas seperti halnya demikian bisa menjadi hal yang sulit untuk dikelola. Karena pada dasarnya komunitas tersebut mencakup anggota di luar struktur bisnis Anda saat ini.

Hal ini disebabkan oleh komunitas tersebut diikuti oleh beberapa orang yang memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Namun, tantangan untuk menemukan jalan tengah dari setiap pemikiran yang muncul akan terasa semakin seru.

5. Menghadapi kejadian tak terduga.

 riskrisk

Cara terakhir untuk membuat bisnis Anda lebih efisien adalah dengan menghadiapi kejadian yang tak terduga.

Mungkin salah satu dari kejadian yang tak terduga adalah risiko yang akan dihadapi oleh Anda.

Risiko dalam dunia bisnis pasti ada. Tinggal bagaimana cara kita untuk menghadapi risiko yang terjadi.

Ternyata, mengambil risiko merupakan bagian penting dalam menemukan inefisiensi. Anda tidak akan tahu bagian mana dari sistem kerja perusahaan Anda yang tidak efektif jika Anda enggan untuk mengambil risiko.

 Baca ini : Be Comfortable Taking Risks

Setiap pengusaha harus belajar mengevaluasi setiap kemungkinan peluang dan risiko yang akan dihadapi serta memiliki keberanian untuk menghadapinya.

Dengan begitu, Anda telah melangkah maju dalam memimpin sebuah perusahaan dan mendorong individu dan perusahaan untuk sukses.

Kesimpulan

Menemukan sebuah inefisiensi pada sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Anda sebagai pengusaha harus mau bergerak dan belajar untuk mengidentifikasi apa yang menjadi ketidakefektifan di lingkungan bisnis Anda.

Karena sangat disayangkan apabila Anda tidak segera mencari solusi akan inefisiensi di ruang lingkup bisnis Anda.

Anda akan kehilangan banyak profit Anda jika terus mengulur waktu untuk mengatasi masalah ini.

Demikian artikel mengenai 5 cara untuk membuat bisnis Anda lebih efisien.

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Baca juga artikel kami yang berkaitan :

Apabila Anda mempunyai pengalaman atau hal lain yang terkait dengan usaha membuat bisnis Anda lebih efisien, Anda dapat menceritakannya di digitalmarketer.id

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>