Loading...

4 Tips Cara Melakukan Marketing dan Advertising di Indonesia

4 Tips Cara Melakukan Marketing dan Advertising di IndonesiaBagaimana melakukan pemasaran dan periklanan di Indonesia? Indonesia memiliki lebih dari 270 juta penduduk, dengan lebih dari 1.500 kelompok etnis yang berbeda. Pemasar dan pengiklan perlu mengetahui demografi audiens mereka untuk menghasilkan kampanye yang sukses. Inilah mengapa keragaman Indonesia dapat menjadi luar biasa bagi bisnis baru yang memasuki pasar Indonesia.

4 Tips Cara Melakukan Marketing dan Advertising di Indonesia

digitalmarketer – Tapi, ada cara lain untuk melihatnya. Orang-orang dari berbagai usia, kepribadian, suka, dan tidak suka juga dapat membawa kemungkinan tak terbatas bagi pemasar dan pengiklan. Akan selalu ada sekelompok orang yang sesuai dengan niche dan citra merek Anda. Dan, Anda tidak akan pernah kehabisan penonton! Dengan demikian, Indonesia memiliki pasar yang subur untuk bisnis di berbagai industri, ukuran, dan target audiens.

Orang Indonesia saat ini sangat digital. Lebih dari 70% populasi adalah pengguna internet aktif. Oleh karena itu, bisnis sekarang harus mempertimbangkan untuk menggunakan platform digital untuk meluncurkan kampanye pemasaran dan periklanan mereka. Meskipun pasar Indonesia hadir dengan tantangan, ia juga menghadirkan peluang besar. Anda hanya perlu tahu apa yang harus dilakukan, dengan siapa harus diajak bicara, dan bagaimana melakukannya dengan benar.

Baca Juga : 7 Tips Menyusun Strategi Digital Marketing Yang Sukses

1: KETAHUI MULAI DARI MANA: PILIH PLATFORM YANG TEPAT UNTUK KAMPANYE ANDA SEJAK AWAL

Memilih platform yang tepat sejak awal sangat penting untuk memastikan kampanye pemasaran yang sukses. Seberat apapun usaha Anda dalam melancarkan kampanye, jika dilakukan di tempat yang salah, maka hasilnya akan minim. Waktu, tenaga, dan sumber daya Anda akan sia-sia. Sebelum Anda memasuki pasar Indonesia, Anda harus terlebih dahulu bertanya, “Platform mana yang harus saya gunakan?”

Nah, setelah mengetahui bahwa orang Indonesia adalah pengguna internet yang rajin, mari kita lihat penggunaan, kebiasaan, dan perilaku internet mereka. Saatnya Anda menemukan platform mana yang sering mereka kunjungi, dan aktivitas apa yang mereka lakukan di setiap platform. Pengguna internet di Indonesia menghabiskan waktu sekitar 8 jam sehari untuk berselancar di internet. Mereka menggunakan internet untuk mengumpulkan informasi, terhubung dengan teman, menonton video online, dan meneliti merek.

DataReportal menunjukkan bahwa per Februari 2022, lebih dari 67% pengguna internet Indonesia meneliti merek sebelum melakukan pembelian. Orang-orang ini terutama menemukan merek menggunakan mesin pencari, iklan media sosial, komentar media sosial, dan situs web merek. Media sosial adalah platform terkemuka untuk penemuan merek karena menyediakan lebih banyak titik kontak pelanggan. Platform media sosial paling populer di Indonesia adalah Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan TikTok.

Sebelum Anda meluncurkan kampanye, Anda perlu mengidentifikasi audiens target Anda dan platform mana yang sering mereka gunakan. Anda dapat mengelompokkan audiens berdasarkan kelompok usia, jenis kelamin, kebiasaan, kesukaan, ketidaksukaan, dan karakter mereka. Setelah Anda melakukan ini, mudah untuk menentukan platform spesifik mana yang akan ditargetkan.

Mari kita ambil pelajaran dari salah satu kampanye internet yang sukses di Indonesia. Pond’s ingin memasarkan produknya untuk Acne Solution. Target audiens mereka adalah wanita di usia remaja yang sering mengalami masalah jerawat dan kulit. Dengan mempersempit target pasar, mereka mampu menunjukkan bahwa remaja Indonesia sering menonton beauty vlogger di YouTube dan Instagram. Dengan informasi ini, Pond’s mempekerjakan 40 beauty influencer di YouTube dan Instagram untuk memposting konten tentang rutinitas perawatan kulit mereka yang menampilkan Pond’s Acne Solution. Kampanye ini menghasilkan lebih dari 1 juta tampilan.

2: MEMANUSIAKAN MEREK ANDA: BUAT KARAKTER ATAU PERSONA MEREK DAN BUAT ITU SANGAT BISA DITERIMA

Brand harus berpikir out of the box dalam melakukan pemasaran dan periklanan di Indonesia. Pendekatan kreatif akan membedakan merek Anda dari pesaing dan akan menarik lebih banyak pelanggan.

Pelanggan Indonesia memiliki loyalitas merek yang tinggi. Mereka memilih merek yang berhubungan dengan karakter pribadi mereka. Inilah mengapa menciptakan brand persona penting bagi bisnis di Indonesia. Dengan menciptakan persona merek, bisnis dapat berhubungan dengan aktivitas sehari-hari pelanggan.

Sebagian besar perusahaan di Indonesia masih kesulitan menciptakan persona untuk merek mereka di media sosial, terutama perusahaan besar. Di media sosial, perusahaan-perusahaan ini sering menggunakan karakter yang dibuat-buat untuk menambah kepribadian merek. Namun, persona ini menjadi terlalu dangkal karena terlalu mengandalkan citra. Perusahaan perlu menambah kedalaman pada wajah merek mereka–karakter mereka harus berbicara atau mengetik seperti yang dilakukan orang lain.

Tidak banyak brand di Indonesia yang berani benar-benar interaktif dengan followers di platform media sosial. Interaksi media sosial yang otomatis tidak menarik perhatian dan minat orang. Oleh karena itu, pastikan merek Anda berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang paling alami.

Kita bisa mengambil beberapa pelajaran dari akun Instagram Netflix Indonesia . Akun ini sangat kreatif dengan teks adegan populer dari serial atau film yang cerdas dan mudah dipahami. Contohnya pada postingan kali ini Netflix Indonesia membuat meme dari salah satu adegan populer dari KDrama Our Beloved Summer . Netflix Indonesia memposting ini pada hari Valentine, dan judulnya secara kasar diterjemahkan menjadi “semua copywriter tunggal yang harus memposting hari ini”. Video tersebut menunjukkan Park Jin Joo membanting melalui keyboardnya.

Pada akhirnya, hal ini menarik perhatian orang Indonesia, kebanyakan dari mereka berkomentar betapa menyenangkannya administrator akun tersebut. Beberapa bahkan bertanya bagaimana cara mendaftar sebagai administrator Instagram Netflix.

3: GO DIGITAL: TELITI TENTANG TREN E-NIAGA DAN MULAI ALIHKAN BISNIS ANDA KE ARAH ITU

Pada tahun 2021, Indonesia adalah #1 dalam persentase pengguna e-commerce di seluruh dunia dengan hingga 90% orang mengandalkan berbagai situs belanja online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli untuk berbelanja produk. E-commerce kini menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, karena mereka dapat membeli kebutuhannya tanpa harus keluar rumah.

Karena itu, menjual produk melalui situs e-niaga akan menjadi minat terbaik Anda. Memiliki toko online yang berjarak satu klik mendorong peningkatan penjualan bisnis. Jika Anda adalah konsumen, apakah Anda akan memilih untuk bangun dari tempat tidur, pergi ke luar, dan berjalan ke toko, atau apakah Anda akan memilih untuk mengetik situs web e-niaga, menggesek untuk menjelajahi produk mereka, dan mengetuk tombol “tambahkan ke keranjang ” tombol? Jutaan orang Indonesia akan memilih yang terakhir.

Tentu saja, toko digital bukanlah strategi yang mudah. Beberapa bagian di Indonesia masih bergelut dengan transformasi digital, membuat sebagian konsumen memilih untuk membeli produk secara fisik agar bisa membayar dengan uang tunai. Di sinilah strategi pemasaran dan periklanan yang cerdas berperan.

Shopee, sebagai salah satu perusahaan e-commerce masif terbesar di Indonesia, mendorong platformnya sebagai top of mind untuk toko online cash on delivery (COD). Akibatnya, mereka mendorong iklan dan konten kolaboratif dengan tema ini. Lihatlah video di bawah ini. Video ini telah menjangkau 421 juta orang dan telah menyampaikan pesan yang sangat efektif bahwa Shopee tetap dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia yang tidak dapat membayar secara digital.

4: PEMIRSA ADALAH SEGALANYA: JADIKAN PRODUK ANDA TENTANG PEMIRSA KHUSUS ANDA! TARGETKAN, LOKALKAN, TERAPKAN

Cara terbaik untuk mendekati keragaman populasi Indonesia adalah dengan mengembangkan rencana pemasaran dan periklanan lokal untuk setiap lokal.

Indonesia menempati urutan ke-4 negara dengan jumlah penduduk terbanyak. Negara ini bahkan mewakili lebih dari 3% penduduk seluruh dunia. Hal ini menghadirkan tantangan unik bagi pemasar dan pengiklan yang ingin menembus pasar salah satu strategi mungkin efektif di Jakarta tetapi tidak di Surabaya.

Sebuah studi oleh McKinsey & Co. menemukan bahwa bergantung pada lokasi geografis berdampak signifikan pada perilaku pelanggan. Di Surabaya, orang dua kali lebih mungkin untuk meminta rekomendasi produk dari teman dan kerabat terutama untuk barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG). Artinya pemasar yang membidik Surabaya perlu menggunakan word of mouth sebagai salah satu salurannya.

Di sisi lain, masyarakat Jakarta lebih progresif dan mandiri dengan pilihan produknya. Sebagai pusat kota terbesar di Indonesia, masyarakat Jakarta memiliki kesadaran yang jauh lebih tinggi terhadap produk yang mereka butuhkan. Mereka sering menemukan informasi yang relevan melalui ulasan online dari pembuat konten dan situs web yang mereka tahu dapat dipercaya. Ini berarti influencer, media sosial, dan pemasaran mesin pencari bisa efektif untuk area ini.

Studi ini membuktikan fakta bahwa berbagai tempat memiliki khalayak yang berbeda dengan perilaku yang berbeda pula. Anda harus mengetahui masing-masing kelompok ini dan menyesuaikan strategi Anda. Sekarang, Anda mungkin berpikir ini bisa dilakukan hanya dengan mencari di internet. Namun, perspektif ini salah. Jenis pelokalan ini membutuhkan informasi orang dalam dari penduduk setempat itu sendiri.

Salah satu contoh bagus untuk kampanye pemasaran lokal adalah dari Tokopedia. Pada tahun 2021, Tokopedia meluncurkan kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang secara kasar diterjemahkan menjadi Waktu Belanja Indonesia. Materi promo kampanye WIB menampilkan budaya dan tradisi setempat. Nama kampanye WIB juga mudah dikenali karena merupakan singkatan yang digunakan publik untuk salah satu dari tiga zona waktu di Indonesia – Waktu Indonesia Barat atau Waktu Indonesia Barat. Video tersebut telah ditonton lebih dari 39 juta kali dan merupakan salah satu periode promosi yang paling ditunggu dari Tokopedia.

Powered By WordPress | Flawless Recipe