Loading...
Para Pemula Perlu Mengetahui Delapan Strategi Digital Marketing

Para Pemula Perlu Mengetahui Delapan Strategi Digital Marketing

Para Pemula Perlu Mengetahui Delapan Strategi Digital Marketing  – Pada dasarnya untuk menyusun sebuah strategi digital marketing itu bisa dilakukan siapa saja. Bahkan seorang pebisnis pemula pun dapat melakukannya. Hal itu dikarenakan metode-metode dasarnya telah populer dikalangan masyarakat luas yang merupakan target pasar. Meskipun begitu di dalam penerapannya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara mengeksekusi yang baik supaya bisa memperoleh profit maksimal.

8 Strategi Digital Marketing Terbukti Ampuh Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Perlu diketahui bahwa pemasaran digital termasuk ke dalam salah satu strategi promosi produk bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Tentunya Aktivitas ini nantinya akan merujuk pada metode-metode terbaru yang memanfaatkan beragam jenis teknologi modern. Mungkin saat ini telah banyak orang yang mengetahui gambaran umum mengenai tipe-tipe strategi marketing. Namun faktanya hal itu belumlah cukup untuk bisa menghasilkan keuntungan yang besar pada bisnis. Di mana Anda harus mempelajarinya secara spesifik dari setiap strategi yang nantinya akan digunakan. Adapun macam-macam strateginya seperti berikut ini.

1. Mengadakan Program Giveaway

Trik pertama yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk atau layanan yang anda miliki secara online yaitu dengan mengadakan program giveaway. Giveaway sendiri merupakan acara spesial yang saat ini telah banyak dipraktekkan oleh toko-toko online di berbagai marketplace. Di mana tujuan diadakan program ini yaitu untuk meningkatkan jumlah follower dan agar calon konsumen mengetahui keberadaan barang atau produk yang dijual tersebut. Dalam hal ini agar bisa menghasilkan profit yang banyak sebelum menerapkannya pastikan membuat giveaway dengan berbagai syarat-syarat untuk membuat para follower tertarik terhadap layanan atau produk yang sedang ditawarkan itu.

2. Mencoba Membuat Konten Promosi Berwujud Video

Saat ini kebanyakan konten yang digunakan untuk kegiatan promosi secara digital dibuat dalam bentuk foto atau review tulisan. Memang hal itu tidaklah salah, namun alangkah baiknya jika Anda membuat promosi yang berbeda dari lainnya misalnya membuat konten berupa video yang bisa menjelaskan secara detail spesifik dari produk tersebut. Meskipun dalam proses pembuatannya bisa dibilang rumit tetapi dapat dipastikan bahwa hasil akhirnya nanti tidak akan mengecewakan.

Para Pemula Perlu Mengetahui Delapan Strategi Digital Marketing

3. Fokus Untuk Membuat SEO Yang Optimum

Search Engine Optimization termasuk salah satu strategi digital marketing yang bisa Anda coba. Namun sayangnya trik satu ini sering disepelekan oleh beberapa orang. Hal itu dikarenakan sebagian orang tersebut belum memahami secara benar bahwa SEO memiliki peran penting guna meningkatkan digital traffic pada website. Padahal jika diterapkan dengan baik bisa membuat bisnis cepat berkembang. Oleh karena itu dalam hal ini sebagai seorang pebisnis pemula sangat disarankan untuk mengikuti strategi satu ini yakin memastikan bahwa search engine optimization sudah optimum. Dalam hal ini bagi yang merasa kesulitan untuk mengoptimumnya bisa meminta bantuan jasa SEO yang sudah berpengalaman.

4. Memanfaatkan Hubungan Masyarakat

Agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggannya pada pemasaran secara online bagian hubungan masyarakat tidak boleh dilupakan. Pasalnya dalam kegiatan digital marketing ini nanti secara tidak langsung akan banyak melakukan interaksi dengan para calon konsumen. Meskipun begitu bukan berarti humas bisa bertindak sesuka hati. Namun ada juga beberapa pertanyaan yang mesti dijawab dengan tanggap termasuk jika ada keluhan dan pujian dari para pelanggan. Perlu diketahui bahwa interaksi dengan konsumen atau calon pelanggan ini nantinya akan sangat mempengaruhi keberlanjutan bisnis yang sedang dijalani sekarang.

5. Melakukan Kolaborasi Dengan Perusahaan Lain

Meskipun kelihatannya mudah namun faktanya salah satu strategi digital marketing ini belum banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Padahal cara ini terbukti ampuh bisa menjaring banyak pelanggan dalam waktu singkat. Di mana metode ini diterapkan dengan cara melakukan kolaborasi antar brand perusahaan. Nantinya aktivitas ini dapat menargetkan konsumen setia dari kedua brand tersebut. Selain itu hasil akhirnya juga tidak akan mengecewakan karena pengikut yang sebelumnya hanya memfollow salah satu brand bisa berubah menjadi follower untuk keduanya.

6. Memanfaatkan Iklan Sebijak Mungkin

Mengiklankan produk secara online bisa dibilang lebih efektif daripada yang dilakukan dengan konvensional. Ditambah lagi untuk mempraktekkannya sangatlah mudah. Pasalnya Anda bisa memanfaatkan berbagai macam media sosial seperti Facebook, Instagram, Tik tok hingga YouTube untuk memosting iklan tersebut. Nantinya advertisement produk bisnis itu dapat langsung dikirim ke target konsumen yang sesuai dengan keinginan Anda. Dengan begitu kemungkinan besar bisa menarik banyak pelanggan baru dari berbagai daerah.

7. Membuat Konten Yang Menarik

Agar bisa menarik banyak pelanggan konten yang dibuat untuk kegiatan promosi secara digital harus dibuat semenarik mungkin. Pasalnya tanpa adanya konten yang menarik calon konsumen tidak bisa tergiur untuk membeli produk yang sedang ditawarkan tersebut. Selain itu di dalam konten berilah detail penjelasan tentang produk tersebut agar calon konsumen mengetahui kelebihan dari barang yang dijual itu. Dengan begitu ketika konsumen itu hendak membeli produk tersebut akan yakin bahwa kualitasnya baik.

8 .Manfaatkan Daftar Email Pembeli

Jika Anda mempunyai daftar email para pembeli di toko sebelumnya tidak salah jika ingin memanfaatkan pesan elektronik tersebut sebagai alat promosi digital. Pasalnya metode satu ini terbukti efektif untuk memperoleh pelanggan setia dan tertarik kembali membeli produk atau layanan bisnis yang ditawarkan tersebut. Dalam hal ini cobalah saja untuk mengirimkan katalog produk terbaru dan promosikan barang-barang yang diminati oleh konsumen berdasarkan riwayat belanja sebelumnya.

Demikianlah pembahasan singkat tentang 8 strategi digital marketing yang wajib dicoba bagi para pebisnis pemula. Tentunya jika Anda bisa mengeksekusi semua strategi itu secara baik dan benar maka dapat dipastikan bahwa peluang kesuksesan bisnis sudah ada di depan mata. Namun di dalam penerapannya pastikan telah mempersiapkan sebaik mungkin agar bisa menunjukkan keuntungan dan hasil yang maksimal.

 

Powered By WordPress | Flawless Recipe