Loading...
8 Skill Untuk Menjadi Seorang Digital Marketer Yang Sukses

8 Skill Untuk Menjadi Seorang Digital Marketer Yang Sukses

8 Skill Untuk Menjadi Seorang Digital Marketer Yang Sukses – Di era digital saat ini menuntut para pengusaha untuk bisa belajar pemasaran secara online atau lebih dikenal dengan sebutan digital marketing. Dalam hal ini pemasaran online bukanlah hanya sekedar berjualan menggunakan jaringan internet dan berbagai perangkat elektronik seperti smartphone, laptop saja. Melainkan termasuk juga karir yang bisa mendukung kegiatan promosi, penulis konten, search engine optimization dan desain website.

Apa Saja Skill Yang Harus Dipelajari Untuk Menjadi Seorang Digital Marketer Itu?

Pada dasarnya pemasaran secara online bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya agar berjalan sesuai rencana diperlukan sebuah strategi khusus. Meskipun begitu jika dapat mempelajarinya dengan baik Anda akan memiliki nilai lebih dibandingkan pesaing lainnya. Adapun 8 skill digital marketing yang perlu diketahui terutama untuk seorang pebisnis pemula seperti berikut ini.

1. Skill Analisis Data

Skill pertama yang harus dimiliki ketika hendak terjun ke dunia digital marketing yaitu analisis data. Analisis data sendiri termasuk kemampuan yang lebih berfokus pada proses pengolahan data mulai dari mengumpulkan, memproses berbagai informasi hingga berinteraksi online dengan target pasar. Di mana tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengelola data sesuai dengan yang diperlukan dalam proses pemasaran untuk mencapai sebuah target tertentu. Di dalam analisis data ini interaksi online dapat berupa konten yang direspon oleh target pasar, berbagai sumber relevan, jejak searching dan transaksi secara online. Nantinya dengan melakukan kegiatan itu Anda bisa mengumpulkan, membersihkan dan menganalisis data yang akan digunakan. Bukan hanya itu saja interaksi online ini juga bisa membantu dalam mengambil keputusan promosi online yang lebih efektif.

2. Kemampuan Content Creating

Skill selanjutnya yang diperlukan dan harus dipelajari di dalam pemasaran online yaitu content creating. Dalam hal ini Anda dapat membuat berbagai macam Video/Konten digital lewat sebuah media sosial yang saat ini mudah ditemukan seperti blog, Tik Tok, Twitter, Facebook dan Instagram. Pada content creating ini agar bisa menjaring banyak konsumen usahakan dalam membuat konten tersebut menggunakan ide dan kata-kata yang menarik mungkin. Selain itu jangan lupa juga untuk membuat story telling yang termasuk keterampilan berharga dalam sebuah perusahaan.

3. Skill CRM

Untuk mengerti kebutuhan setiap pelanggannya perusahaan bisa mencoba melakukan cara dengan memantau pengalaman yang pernah dialami para konsumennya. Selain itu Anda juga perlu mengembangkan skill customer relationship manajemen guna mengoptimalkan pengalaman pelanggan tersebut. Dalam hal ini agar hasilnya maksimal alangkah baiknya jika bisa menggabungkan konsumen itu dengan tingkat yang lebih emosional pada suatu perusahaan. Pasalnya apabila hal itu bisa terjadi dapat menyebabkan tingkat loyalitas pelanggan ke produk atau layanan perusahaan menjadi tinggi.

4. Kemampuan Mengelola Media Sosial

Perlu diketahui bahwa di dalam dunia Digital marketing media sosial nantinya akan menjadi sebuah tempat berinteraksi antara perusahaan dan target pasar. Hal itulah yang menyebabkan pemasaran secara online dapat mengulik media sosial lebih dalam guna memperoleh profit yang relevan terhadap target pasar. Dalam hal ini seorang digital marketer tidak hanya bertugas memposting konten di berbagai media sosial seperti Tik tok, Instagram, Facebook. Namun juga harus bisa memastikan kualitas konten, relevansi video dan interaksi antar perusahaan dengan target pasar. Di sini Anda juga harus bisa membuat strategi medsos sesuai dengan platform yang hendak digunakan. Itulah alasannya Mengapa kegiatan pemasaran harus dilakukan secara kreatif dan wajib mencoba berbagai macam fitur baru yang sudah disediakan oleh platform social media tersebut.

8 Skill Untuk Menjadi Seorang Digital Marketer Yang Sukses

5. Kemampuan Search Engine Optimization (SEO)

Kemampuan berikutnya yang wajib anda pelajari yaitu SEO. Di mana search engine optimization merupakan sebuah skill yang berfungsi untuk membuat website perusahaan bisa berada di halaman tingkat pertama pada mesin pencarian seperti Yahoo dan Google. Kondisi tersebut tentunya bisa membuat calon konsumen akan lebih tertarik untuk mengekliknya ketika dia sedang mencari sebuah produk maupun layanan pada suatu perusahaan tertentu. Apabila situs perusahaan berada di halaman pertama pada mesin pencarian maka secara otomatis dapat menunjukkan bahwa visibilitasnya sangat baik dan menandakan jika calon pelanggan dapat lebih mudah untuk menelusuri produk yang disediakan itu. Selain itu search engine optimization ini juga terbukti ampuh untuk mendongkrak angka penjualan dan traffic website perusahaan.

6. Kemampuan Google Analytics

Perlu diketahui bahwa di dalam proyek yang sedang dikerjakan seorang digital marketing nantinya sangat membutuhkan namanya sebuah platform khusus untuk melakukan pengecekan analisis. Di mana tujuan utama dari pengecekan itu yakin untuk mengukur sejauh mana keberhasilan proyek yang sedang dijalankan itu. Dari sekian banyak platform yang menawarkan jasa tersebut sangat direkomendasikan untuk menggunakan Google Analyticslah. Pasalnya di Google analytics ini seorang digital markerter tidak hanya bisa mengukur keberhasilan suatu proyeknya saja melainkan juga dapat mencari tahu kebiasaan dari para pengguna berdasarkan hal-hal tertentu. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa Google analytics termasuk salah satu skill digital marketing yang nantinya bisa menunjang keberhasilan pemasaran secara online dalam melakukan sebuah pekerjaan.

7. Kemampuan Dalam Memanfaatkan Mesin Pencarian

Perlu diketahui bahwa search engine marketing termasuk pemanfaatan dari mesin pencarian melalui strategi tertentu seperti Pay Per Click dan Google Ads. Di mana search engine marketing (SEM) sendiri merupakan salah satu proses pemasaran melalui mesin pencarian yang saat ini telah banyak digunakan para pebisnis profesional. Di dalam kegiatan pemasaran secara online mesin pencarian termasuk sarana terbaik yang wajib digunakan. Hal itu dikarenakan dengan menggunakan teknologi SEM yang terdapat di dalam mesin pencarian bisa menyebabkan produk dan layanan cepat terjual.

8. Kemampuan Copywriting

Salah satu skill yang bisa dibilang sangatlah penting dalam dunia Digital marketing yaitu copywriting. Hal itu lantaran dengan kemampuan ini anda dapat mengubah berbagai macam bahasa bisnis yang teknis ke bahasa mudah dipahami bagi calon pelanggan. Meskipun kelihatannya simple namun skill ini nantinya bisa meyakinkan para pembeli akan barang yang sedang ditawarkan. Bukan hanya itu saja kemampuan copywriting ini juga bisa membantu untuk berkomunikasi lebih luas lagi dengan konsumen sehingga pada akhirnya dapat menjadi dekat dan dipercaya oleh banyak pelanggan. Nantinya konten-konten yang dihasilkan dari copywriting ini akan dipasang pada website, email pemasaran dan berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook dan Tik tok.

Itulah tadi beberapa keahlian penting yang wajib dikuasai ketika hendak memutuskan menjadi digital marketing untuk mencari pelanggannya. Pada dasarnya untuk mendapatkan semua skill itu tidak harus dilakukan di sebuah lembaga pendidikan formal saja. Namun bisa juga dipelajari secara otodidak tapi agar bisa berhasil syaratnya harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Powered By WordPress | Flawless Recipe