Loading...
9 Peluang Pekerjaan Digital Marketing Di Tanah Air

9 Peluang Pekerjaan Digital Marketing Di Tanah Air

9 Peluang Pekerjaan Digital Marketing Di Tanah AirDi era digital seperti saat ini banyak orang bercita-cita ingin terjun berkarir di bidang digital marketing. Hal itu dikarenakan banyak sekali peluang kerjanya ditambah lagi saat ini tidak sedikit perusahaan yang mulai beralih memasarkan produk dan jasanya dengan sistem online lewat internet. Di mana Alasan utamanya para perusahaan itu yakin untuk bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi.

Apa Saja Prospek Karir Digital Marketer Di Indonesia Itu Ada Yang Tahu?

Dari waktu ke waktu karir seorang digital marketing sangat banyak dibutuhkan terutama bagi perusahaan yang menginginkan promosi barang dagangannya dilakukan secara online. Kondisi itu tentunya menyebabkan pesaing menjadi sangat banyak. Meskipun begitu Anda tidak perlu takut untuk memulainya sebab banyak sekali prospek kerjanya misalnya konten kreator, sosial media marketing dan search engine optimization. Untuk lebih jelasnya tentang semua itu langsung saja baca artikel di bawah ini.

1. Profesi Content Strategist

Profesi pertama yang bisa Anda coba ketika mempelajari Digital marketing yaitu content strategis. Di mana seorang content strategist ini memiliki tanggung jawab untuk mengatur sebuah strategi tepat terhadap konten-konten yang nantinya akan dibagikan di berbagai platform dan media sosial. Namun faktanya bukan hanya itu saja profesi ini juga mempunyai tugas untuk membuat rencana sebuah campaign. Di mana tujuan pembuatan campaign itu agar bisa mencapai Key Performance Indicator sehingga seorang konten strategis harus bisa menganalisis berbagai traffic social media dengan skill SEM yang telah dimilikinya.

2. Profesi Sosial Media Spesialis

Prospek kerja selanjutnya yang bisa dipilih ketika mempelajari Digital marketing yaitu sosial media spesialis. Di mana profesi itu memiliki tugas untuk membuat sebuah konten yang sebelumnya telah dirancang oleh seorang content strategist. Sedangkan dalam hal ini konten-konten yang dimaksud dapat berupa podcast, gambar, artikel dan video. Di mana tujuan utama dari pembuatan konten itu yakin untuk memasarkan suatu produk maupun jasa dari sebuah perusahaan guna mendapatkan keuntungan yang maksimal.

3. Profesi Copywriter

Copywriter juga termasuk salah satu prospek pekerjaan yang bisa dipilih ketika mempelajari digital marketing. Profesi ini memiliki tugas yaitu membuat tulisan untuk sebuah iklan Billboard, televisi, website maupun sosial media lainnya seperti email marketing, Instagram hingga Tik tok. Di mana tujuan dari pembuatan tulisan itu adalah untuk mengajak orang lain supaya mau berinteraksi dengan sebuah produk. Bagi yang tertarik untuk menjadi copywriting terlebih dahulu harus menyiapkan beberapa skill seperti mengelola kata menjadi kalimat call to action hingga mahir merangkai kata-kata yang menarik. Selain itu profesi ini juga harus mengetahui bagaimana menulis yang sesuai dengan target pasar.

4. Profesi Content Writer

Sedangkan content writer ini berbeda dengan copywriting. Di mana seorang content waiter nantinya akan membuat konten dalam bentuk tulisan yang bertujuan untuk menghibur sekaligus mampu mengedukasi para pembacanya. Dengan begitu profesi ini dituntut untuk lebih kreatif lagi. Profesi ini nantinya bisa menulis di berbagai macam platform sosial media seperti blog, website, Instagram dan Facebook. Bahkan tidak jarang diantara mereka yang diminta tolong membuatkan skrip video untuk keperluan pembuatan film.

5. Profesi SEO/SEM Specialist

Prospek kerja selanjutnya yang bisa dipilih ketika sudah mempelajari Digital marketing yaitu SEO/SEM Spesialist. Profesi ini nantinya memiliki tugas utama yaitu untuk memaksimalkan serta membuat traffic website berada di posisi halaman teratas. Hal itu bertujuan agar nantinya mudah ditemukan oleh pelanggan/pengguna internet. Sedangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk bisa menjadi seorang SEO/SEM Spesialist adalah dapat memahami algoritma dari mesin pencarian Google maupun Yahoo.

9 Peluang Pekerjaan Digital Marketing Di Tanah Air

6. Profesi Desain Grafis

Prospek pekerjaan selanjutnya yaitu desain grafis. Desain sendiri termasuk salah satu bagian dari marketing. Hal itu lantaran dengan gambar yang bagus dan menarik bisa memikat perhatian para target pasar. Untuk bisa menjadi seorang desain grafis anda perlu menyiapkan beberapa skill terlebih dahulu seperti mampu menggunakan beberapa software editing diantaranya Adobe Photoshop, Adobe illustration, Canva hingga Figma.

7. Profesi UI/UX Designer

Profesi satu ini memiliki tugas utama yakin merancang bagaimana konsep sebuah website yang nantinya akan digunakan untuk promosi produk dan barang. Selain itu UX designer juga mempunyai tanggung jawab untuk membuat penggunanya merasa puas dan senang pada saat mengakses website tersebut. Sedangkan untuk desainer UI memiliki tugas membuat gambar yang sesuai arahan dari UX.

8. Profesi PPC Specialist

Prospek pekerjaan selanjutnya dari pemasaran online yaitu menjadi PPC spesialist. Profesi ini sendiri memiliki tanggung jawab untuk merancang strategi pengiklanan produk dan layanan. Umumnya profesi ini akan memanfaatkan media sosial berupa Facebook Ads, Instagram Ads, Instagram Ads dan YouTube Ads untuk menunjang aktivitasnya. Sedangkan skill yang harus dimiliki yaitu mengetahui kata kunci yang tepat untuk dapat menargetkan pasar, melacak matrix dan wajib busa mengikuti tren yang sekarang sudah ada.

9. Profesi CRM Staff

Prospek kerja selanjutnya yang bisa dipilih ketika mempelajari digital marketing yaitu customer relationship manajement staff. Di mana tugas utamanya yaitu menjaga hubungan antara pengguna dengan perusahaan. Untuk kemampuan yang harus dimiliki yaitu mampu berkomunikasi dengan pengguna, menjaga hubungan pengguna lama dan mengakuisisi pengguna baru. Kegiatan itu memiliki tujuan agar bisa mendapatkan pelanggan setia.

Demikianlah beberapa peluang pekerjaan yang bisa diraih ketika mempelajari digital marketing. Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya hampir semua profesi tersebut saling berhubungan karena fokus utamanya adalah pemasaran yang dilakukan secara digital.

Powered By WordPress | Flawless Recipe