Loading...
8 Manfaat Digital Marketing Untuk Para Pelaku UMKM Di Indonesia

8 Manfaat Digital Marketing Untuk Para Pelaku UMKM Di Indonesia

8 Manfaat Digital Marketing Untuk Para Pelaku UMKM Di Indonesia – Di era pandemi covid-19 seperti saat ini untuk mempertahankan kelangsungan bisnis yang sedang dijalani para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) harus melakukan berbagai macam strategi. Salah satunya yaitu dengan melakukan digital marketing atau pemasaran secara online. Terlebih lagi selama pandemi covid berlangsung seluruh kegiatan diharuskan dilakukan secara online. Dengan begitu digital marketing ini sangat dibutuhkan bagi para pebisnis untuk menggapai pasarnya secara mudah.

Apa saja 8 Manfaat Digital Marketing Bagi Para Pelaku UMKM Itu?

Tidak sedikit orang yang ada di Indonesia masih mengalami kesulitan dalam memahami apa saja manfaat dari digital marketing itu untuk para pelaku UMKM di era pandemi seperti saat ini. Oleh karena itu Anda perlu menyimak ulasan pada artikel di bawah ini supaya mengetahui apa saja manfaatnya.

1. Mampu Menjangkau Pelanggan Lebih Luas

Pemasaran online yang memanfaatkan jaringan internet membuat Anda tidak memiliki batas dalam menjangkau pelanggan. Di mana dalam hal ini hanya perlu melakukan analisis dalam menjangkau pelanggan agar target sesuai dengan produk yang dijual. Kegiatan analisis itu bisa dilakukan melalui data-data target pasar yang ditemukan pada internet. Adapun data-data yang mendukung seperti hobi, usia, jenis kelamin dan lokasi. Di samping itu bisa juga membuat konten yang sesuai dengan target pasar. Dengan begitu akan bisa menarik pelanggan yang melihat produk tersebut.

2. Biaya Lebih Hemat

Melakukan promosi barang atau layanan secara online terbukti bisa menghemat biaya yang dikeluarkan jika dibandingkan dengan konvensional. Hal itu dikarenakan Anda bisa melakukan promosi itu hanya melalui sebuah platform e-commerce yang saat ini telah mudah ditemukan misalnya Tokopedia, Lazada, shopee. Bahkan bisa juga dengan memanfaatkan sosial media yang dimiliki misalnya Tik Tok, Instagram dan Facebook.

Selain bisa menjangkau orang terdekat di lokasi Anda. Digital marketing ini juga sangat efektif untuk menjaring konsumen yang berada jauh dari lokasi tempat tinggalmu. Dengan begitu Digital marketing ini akan berkali-kali lebih menguntungkan jika dibandingkan promosi secara offline.

3. Meningkatkan Penjualan Dengan Lebih Mudah

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa Digital marketing terbukti bisa menjangkau pelanggan tanpa batas letak geografis. Bahkan hebatnya lagi Anda bisa menarik calon pelanggan yang berada di luar daerah secara tepat dan cepat. Tentunya hal itu bisa terjadi disebabkan oleh bantuan search engine dari Google. Contohnya terdapat pelanggan yang ingin membeli sebuah produk tertentu kemudian melakukan pencarian melalui Google, jika produk yang dimiliki sesuai dengan keinginan customer itu maka website atau toko online milikmu akan muncul di halaman pencarian.

8 Manfaat Digital Marketing Untuk Para Pelaku UMKM Di Indonesia

4. Mudah Menganalisa Penjualan

Dengan menerapkan pemasaran secara online untuk bisnis, maka anda akan lebih mudah menganalisa penjual melalui digital foto print yang ada. Pastinya hal ini bisa membantu dalam menentukan perilaku konsumen dan ketertarikannya pada produk yang dijual tersebut. Selain itu nantinya data tersebut juga akan membantu dalam menganalisa konsumen dengan cepat dan cepat. Dengan begitu Anda bisa meningkatkan platform penjualan menjadi lebih baik lagi.

5. Interaksi Dengan Pelanggan Menjadi Lebih Mudah

Di dalam dunia bisnis melakukan interaksi dengan pelanggan termasuk salah satu hal penting untuk mendatangkan konsumen loyal bagi usaha yang sedang digeluti. Dalam hal ini anda bisa mencoba melakukan interaksi serta berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan sehingga akan tercipta hubungan yang erat antara penjual dan pembeli. Dengan demikian pelanggan akan merasa nyaman karena dilayani dengan baik sehingga konsumen bisa repeat order.

6. Membantu Bisnis Siap Bersaing Dengan Kompetitor

Dulu sebelum perkembangan teknologi semakin pesat seperti saat ini bagi pelaku usaha kecil untuk bersaing dengan bisnis atau perusahaan besar sangatlah sulit. Namun kini dengan adanya Digital marketing Untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor sangat mudah dilakukan. Di mana cukup menyediakan beragam konten-konten berkualitas pada website blog maupun media sosial bisnis lainnya. Dalam hal ini pastikan juga konsumen telah mendapatkan apa yang diinginkan misalnya promo-promo menarik dan pelayanan yang baik serta ramah.

7. Bisa Melayani Konsumen Secara Real Time

Manfaat selanjutnya dari Digital marketing untuk para pelaku usaha kecil menengah yaitu bisa melayani konsumen secara Real Time. Meskipun terdengar sepele namun faktanya hal ini berdampak besar terhadap penjualan dalam bisnis Anda. Tentunya pelanggan yang dilayani dengan cepat dan tanggap akan merasa senang dan puas. Bahkan mereka mungkin tidak akan sungkan untuk menawarkan produk atau jasa Anda pada kerabat maupun teman terdekatnya. Dengan begitu besar kemungkinan bisa memperoleh keuntungan yang banyak.

8. Membantu Menjangkau Para Pengguna Smartphone

Saat ini hampir semua orang memiliki smartphone yang sudah terhubung dengan internet. Dengan begitu keuntungan menggunakan Digital marketing selanjutnya untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah yaitu mudah menjangkau orang-orang yang lebih sering berkutat melalui gadgetnya. Selain itu kehadiran marketplace belakangan ini juga mempermudah seseorang dalam berbelanja sehingga tidak perlu pergi ke toko secara langsung. Hal itu dikarenakan Anda bisa memesannya secara online lewat Ponsel yang kemudian nantinya barang akan dikirim sesuai alamat rumah.

Demikianlah pembahasan singkat tentang manfaat Digital marketing untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah. Bagaimana Apakah Anda mulai tertarik untuk mencobanya? Jika Iya pastikan telah mempelajari beberapa skill dasarnya terlebih dahulu agar nantinya bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan keuntungan besar.

Powered By WordPress | Flawless Recipe