Loading...
8 Rekomendasi Digital Market Untuk Bisnis

8 Rekomendasi Digital Market Untuk Bisnis

8 Rekomendasi Digital Market Untuk BisnisPerlu diketahui bahwa kompetisi bisnis pada zaman sekarang sangatlah berbeda dengan 5 atau 20 tahun yang lalu. Di mana dulu para pengusaha menggunakan teknik door to door sebagai salah satu strategi promosi barang dan jasa. Tentunya cara itu sudah tidak efektif lagi untuk sekarang, sehingga sangat diperlukan digital market yang bisa menggantikannya.

Jenis-Jenis Digital Market Dalam Dunia Bisnis

Digital market merupakan sebuah teknik pemasaran yang terbukti ampuh dapat mencangkup luas customer hanya menggunakan bantuan internet. Adapun beberapa jenisnya yang bisa Anda terapkan dalam bisnis seperti berikut ini.

1. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) termasuk salah satu jenis digital market yang lebih fokus pada promosi produk melalui mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain. Strategi pemasaran online ini dilakukan dengan cara membuat website, landing page dan pemasangan Ads pada sosial media yang dimiliki.

2. Digital Advertising

Digital Advertising merupakan jenis promosi menggunakan bantuan internet berupa pemasangan iklan pada berbagai channel online mulai dari website hingga media sosial. Adapun channel digital x yang cukup populer di Indonesia seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, YouTube Ads dan Tik tok Ads.

3. Content Marketing

Content marketing termasuk jenis promosi online yang menggunakan bantuan sarana berupa konten. Dalam hal ini bentuk konten bisa berupa tulisan, audio, video dan gambar. Umumnya strategi ini dilakukan beriringan dengan sosial media marketing, email marketing hingga digital ads.

4. Customer Service Automation

Kehadiran digital marketing jenis ini nantinya membuat pebisnis bisa mendapatkan informasi tentang calon pelanggannya sejak mereka pertama kali berinteraksi dengan produk atau brand dari perusahaan itu. Setelah itu informasi yang diperoleh tadi bisa langsung diteruskan ke customer atau tenaga penjual untuk dilakukan proses closing.

5. Afiliate/Dropshipping

Jenis digital market yang bisa anda manfaatkan untuk kegiatan promosi barang dan jasa yaitu program afiliate atau dropshipping. Nantinya ketika Anda menerapkan strategi Marketing itu kemungkinan besar bisa memperoleh profit dari tengkulak online sambil membantu para supplier itu mencari keuntungan untuk diri mereka sendiri.

Digital marketing Email Marketing

6. Email Marketing

Strategi digital market selanjutnya yaitu menggunakan surat elektronik (email). Jenis promosi online ini sangat direkomendasikan bagi para pelaku usaha dengan model business to business ( B2B).

7. Pay Per Klik (PPC)

Pay per klik sendiri sebagai taktik marketing lewat cara online yang berperan untuk arahkan trafik ke situs anda berpenghasilan tiap kliknya. Misalkan Google Adwords. Di mana untuk memakainya Anda perlu bayar lebih dulu, selanjutnya nanti akan memperoleh slots paling atas pada tiap penelusuran di Google dan dikenai ongkos tiap kliknya.

8. Sosial Media Marketing

Untuk memasarkan produk secara online Anda juga bisa memanfaatkan sosial media. Adapun jenis sosial media marketing yang bisa digunakan seperti YouTube, Tik tok, Instagram, Twitter, WhatsApp dan Facebook. Teknik promosi dengan cara ini telah terbukti bisa menarik banyak pelanggan. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya sosial media termasuk sarana yang berfungsi untuk membesar-besarkan brand. Meskipun begitu pada awalnya lebih baik untuk fokus dahulu terhadap satu media sosial. Hal itu bertujuan untuk mempersingkat waktu, biaya dan tenaga manusia. Setelah itu Anda bisa menentukan kepribadian yang akan digunakan dalam medsos itu seperti formal atau semi formal.

Demikianlah pembahasan singkat tentang jenis-jenis digital market yang bisa Anda pilih dalam melakukan kegiatan promosi secara online. Namun dalam pemilihannya pastikan telah disesuaikan dengan target konsumen agar hasilnya maksimal dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

 

Powered By WordPress | Flawless Recipe